PERBANDINGAN KUALITAS BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) DENGAN NON-BSE MATA PELAJARAN FISIKA UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS X MENGGUNAKAN INSTRUMEN YANG MERUJUK PADA SCIENCE TEXTBOOK RATING SYSTEM (STRS) DITINJAU DARI ASPEK ILUSTRASI, KETERBACAAN, DAN FISIK BUKU TEKS

Ardiana, Oktav and Suparwoto, Suparwoto (2016) PERBANDINGAN KUALITAS BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) DENGAN NON-BSE MATA PELAJARAN FISIKA UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS X MENGGUNAKAN INSTRUMEN YANG MERUJUK PADA SCIENCE TEXTBOOK RATING SYSTEM (STRS) DITINJAU DARI ASPEK ILUSTRASI, KETERBACAAN, DAN FISIK BUKU TEKS. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menelaah kualitas BSE serta Non-BSE fisika, selanjutnya mendeskripsikan perbedaan kualitas BSE dan Non-BSE Fisika berdasarkan kriteria-kriteria yang diambil dari Science Textbook Rating System khususnya pada aspek ilustrasi, keterbacaan, dan fisik buku teks. Desain penelitian ini menggunakan analisis isi (content analysis) secara kuantitatif dengan pendekatan evaluatif yang bersifat komparatif. Subjek penelitan ini adalah buku mata pelajaran Fisika untuk Sekolah Menengah Atas yang meliputi Buku Sekolah Elektronik (BSE) dan buku Non-BSE terbitan 3 penerbit yaitu Tiga Serangkai, Erlangga, dan Sewu. Instrumen penelitian merujuk pada instrumen karya Collette.T Alfred &Chiappetta L. Collette yaitu Science Textbook Rating System.yang dimuat dalam buku berjudul Science Instruction in the Middle and Secondary Schools yang telah dimodifikasi oleh Jumanto. Pembuatan instrumen penilaian buku tersebut disertai dengan deskripsi di setiap kriteria dan modifikasi yang diperlukan. Analisis data untuk mengetahui perbedaan dilakukan dengan statistik non parametrik menggunakan uji Chi kuadrat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen STRS memenuhi kriteria untuk mendeskripsikan kualitas buku teks BSE dan Non-BSE. Hasil pengujian menggunakan uji Chi Kuadrat membuktikan tidak ada perbedaan kualitas dari keempat buku yang ditelaah. Hal ini dilihat dari hasil Chi Kuadrat masing-masing perhitungan penilaian kriteria lebih kecil daripada nilai Chi Kuadrat pada tabel. Akan tetapi diperlukan sedikit perbaikan pada aspek ilustrasi dari masing-masing buku teks tersebut baik dari segi penyajian, maupun keterkaitannya terhadap konsep fisika yang dibahas di dalam buku. Kata kunci : kualitas, BSE, Non-BSE, buku teks

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 15 Aug 2016 01:14
Last Modified: 06 Mar 2019 00:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39624

Actions (login required)

View Item View Item