PERBANDINGAN PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL GROUP INVESTIGATION PADA PEMBELAJARAN IPA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH

Widiastuti, Listina (2016) PERBANDINGAN PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL GROUP INVESTIGATION PADA PEMBELAJARAN IPA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
1. ABSTRAK.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan pemecahan masalah antara kelas yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan kelas yang menggunakan model Group Investigation (GI). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain “Nonequivalent Comparison Group Design”. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII yang terbagi atas empat kelas dengan 29 anak tiap kelas. Sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan sampling purposive sehingga diperoleh peserta didik kelas VIII D sebagai kelas eksperimen 1 dengan perlakuan model Problem Based Learning dan peserta didik kelas VIII C sebagai kelas eksperimen 2 dengan perlakuan model Group Investigation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa (1) tes, (2) lembar observasi keterampilan pemecahan masalah, dan (3) lembar keterlaksanaan model Problem Based Learning dan Group Investigation. Analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan aplikasi SPSS 18.0 yaitu uji independent sample t-test. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan pemecahan masalah antara peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning dengan model Group Investigation. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,012. Kata Kunci : Model pembelajaran Problem Based Learning, model pembelajaran Group Investigation, keterampilan pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Program Studi Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 15 Aug 2016 01:15
Last Modified: 30 Jan 2019 10:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39623

Actions (login required)

View Item View Item