LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN II (PPL II) DI SLB N 1 YOGYAKARTA

Nurhidayah, Nurhidayah (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN II (PPL II) DI SLB N 1 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ISI.pdf

Download (313kB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan merupakan suatu kegiatan yang bertujuan memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Program PPL dilaksanakan oleh mahasiswa di SLB N 1 Yogyakarta dari tanggal 17 Juli sampai 17 September 2014. Sebelum melaksanakan kegiatan PPL, mahasiswa melakukan observasi yang meliputi observasi sekolah dan pembelajaran di dalam kelas. Mahasiswa mengumpulkan informasi dari sekolah mengenai kurikulum yang diterapkan, fasilitas yang ada di sekolah dan mengumpulkan informasi dari guru kelas mengenai kondisi dan potensi siswa, fasilitas pendukung dan faktor penghambat dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Hasil observasi tersebut dikonsultasikan oleh mahasiswa kepada DPL PPL, kemudian ditindaklanjuti dengan pembuatan RPI dan program kerja yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa. Berdasarkan hasil observasi dan asesmen, mahasiswa menemukan 2 permasalahan yang berbeda pada 2 orang siswa kelas VB TGS, khususnya pada kemampuan bina diri yaitu kesulitan dalam bertoilet dan menggosok gigi. Subjek 1 bernama Divanya Rizki Ardana dan Subjek 2 bernama Rachel Mustika Permatasari. Dalam pelaksanaan pembelajaran, mahasiswa tidak hanya mengajarkan bina diri, karena menyesuaikan dengan kurikulum 2013 yang diterapkan oleh sekolah. Mahasiswa menyusun program pembelajaran berbentuk tematik dengan tetap memfokuskan pada program bina diri yang akan diberikan kepada siswa. Praktek mengajar dilakukan oleh mahasiswa sebanyak 13 kali. Subjek 1 diberikan pembelajaran sebanyak 10 kali dan subjek 2 diberikan pembelajaran sebanyak 12 kali. Jumlah pembelajaran yang diberikan berbeda, hal tersebut berdasarkan intensitas kehadiran siswa di sekolah. Dalam kegiatan praktek mengajar di sekolah, secara langsung mahasiswa dibimbing oleh guru kelas. Mahasiswa juga berperan dalam kegiatan yang dilaksanakan di sekolah seperti agenda bulan ramadhan, syawalan dan agenda perayaan HUT RI. Dengan adanya pengalaman tentang penyelenggaraan sekolah ini diharapkan mahasiswa mempunyai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, observasi kelas, kegiatan belajar mengajar.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Aug 2016 04:41
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39615

Actions (login required)

View Item View Item