Hendika Sari Dyah Indra Putri, Hendika Sari Dyah Indra Putri (2014) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SLB NEGERI 1 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
HENDIKA SARI DYAH I.P. (11103244034).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pelaksanaan program PPL ( Praktek Pengalaman Lapangan) merupakan salah satu program yang ditujukan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mendidik anak berkebutuhan khusus. Program PPL ( Praktek Pengalaman Lapangan) dapat digunakan sebagai sarana peningkatan kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga kependidikan (guru) dalam menyampaikan materi pembelajaran/mengaajar peserta didik yang notabene anak erkebutuhan khusus serta pengelolaan kelas yang tepat agar pembelajaran berjalan kondusif dan materi ajar dapat diterima oleh peserta didik. Kegiatan PPL ini dilaksanakan dari tanggal 17 Juli sampai dengan 17 September 2014. Kegiatan PPL dilangsungkan dalam 2 tahap. Tahap pertama, yaitu PPL 1 dan tahap 2, yaitu PPL 2. PPL 1 berisikan kegiatan observasi dan asesmen yang berlangsung mulai dari bulan Februari hingga April, dan PPL 2 berisikan kegiatan praktik mengajar secara langsung di kelas. Kegiatan PPL 2 didasarkan pada hasil observasi yang sudah dilaksanakan, dan disesuaikan dengan kebutuhan anak dalam pemberian layanan pendidikan berdasarkan hasil asesmen yang dilakukan oleh mahasiswa. Kegiatan PPL atau praktik mengajar dilakukan pada satu kelas sebanyak 10 kali pertemuan dengan pembagian 7 kali mengajar subyek 1 dan 3 kali mengajar subyek 2. Setiap pertemuan dialokasikan waktu selama 70 menit. Siswa yang menjadi subyek mengajar adalah siswa kelas 3 SDLB dengan jumlah siswa di kelas 2 orang. Dilihat dari program yang sudah berjalan, kegiatan PPL di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Yogyakarta tergolong belum berhasil sepenuhnya, karena pada subyek yang kedua tidak mengalami peningkatan/perubahan. Melalui praktek mengajar pada kegiatan PPL 2 mahasiswa mendapat pengalaman baru dan pengalaman langsung untuk memberikan materi secara langsung kepada anak berkebutuhan khusus khususnya anak tunagrahita yang mungkin keadaan di lapangan jauh berbeda dengan teori yang didapatkan dibangku perkuliahan.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, observasi kelas, praktik mengajar. |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 12 Aug 2016 04:34 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 12:01 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39612 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |