LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SMA N 1 CANGKRINGAN SLEMAN Sleman YOGYAKARTA

Dwi Sulistyaningrum, Dwi Sulistyaningrum (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SMA N 1 CANGKRINGAN SLEMAN Sleman YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DWI SULISTYANINGRUM (11405241026)-Pend. Geografi.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilakukan SMA N 1 Cangkringan Sleman terletak di Sleman Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajjib diambil oleh Mahasiswa UNY. Tujuan yang ingin dicapai dari program PPL adalah mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik dan atau tenaga kependidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dimulai sejak tanggal Juli 2014 (tahun ajaran baru 2014/2015). Sebelum melakukan PPL, mahasiswa mengadakan observasi terhadap kegiatan pembelajaran yang ada di SMA N 1 Cangkringan Sleman. Observasi tersebut dilaksanakan pada tanggal sampai dengan. Observasi tersebut meliputi observasi sekolah dan juga terhadap pembelajaran di dalam kelas, praktikan juga berusaha mencari informasi dari guru mata pelajaran geografi mengenai kondisi dan potensi siswa, fasilitas pendukung dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), dan juga faktor penghambat yang sering ditemui ketika Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung. Berdasarkan hasil observasi tersebut, mahasiswa melakukan konsultasi terhadap DPL PPL untuk menindaklanjuti pembuatan RPP dan program kerja yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan sekolah. Pada kegiatan PPL ini, praktikan mendapat tugas untuk mengajar kelas X MIA 1, X IIS 2 dan XI IIS 2. Program kerja yang dilakukan oleh praktikan untuk mendukung kegiatan pembelajaran adalah: 1) pembuatan RPP; 2) Pembuatan soal-soal evaluasi dan ulangan harian; dan 3) Pembuatan Progam. Selain itu, praktikan juga mengadakan program PPL yang dikerjakan bersama dengan rekan satu Program Pendidikan (Prodi) yaitu Pendidikan Geografi antara lain : 1) Pengadaan Video Media Pembelajaran; 2) Pengadaan Contoh Batuan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Aug 2016 03:30
Last Modified: 01 Oct 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39595

Actions (login required)

View Item View Item