KEEFEKTIFAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS DENGAN MEDIA VIDEO KLIP DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN KELAS X SMA

Rahmayunita, Husna (2016) KEEFEKTIFAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS DENGAN MEDIA VIDEO KLIP DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN KELAS X SMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya perbedaan yang signifikan keterampilan menulis cerpen antara kelompok yang menggunakan model STAD dengan media video klip dan kelompok yang menggunakan model konvensional siswa kelas X SMA Negeri 9 Yogyakarta dan (2) keefektifan model STAD dengan media video klip dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 9 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Desain penelitian adalah Control Group Pretest Postest Design. Pengambilan data menggunakan teknik tes yang berupa tes menulis cerpen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 9 Yogyakarta yang terdiri atas enam kelas. Pengambilan sampel dengan teknik random sampling. Sampel penelitian terdiri atas dua kelas, yaitu kelas X2 dan X4. Instrumen penelitian berupa soal menulis cerpen. Validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan pertimbangan pakar (expert judgement). Teknik analisis data menggunakan uji-t. Sebelum data dianalisis, diperlukan uji prasyarat analisis data yaitu, uji normalitas dan uji homogenitas. Pengolahan data semua dibantu dengan SPSS 22.0. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut. Pertama, ada perbedaan keterampilan menulis cerpen antara kelompok eksperimen yang menggunakan model STAD dengan media video klip dan kelompok kontrol yang menggunakan model konvensional, ditunjukkan dengan perolehan uji-t skor postes kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan nilai p 0,000. Nilai P lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (P<0,05). Kedua, model STAD dengan media video klip efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen, ditunjukkan dengan perolehan uji-t pretes dan postes kelompok eksperimen dengan nilai P 0,000. Nilai P lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (P<0,05).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 15 Aug 2016 01:14
Last Modified: 30 Jan 2019 10:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39589

Actions (login required)

View Item View Item