ANNISSA SUCI NURDIANA, ANNISSA SUCI NURDIANA (2014) LAPORAN KEGIATAN PPL DI DINAS PENDIDIKAN KEBUDAYAAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN PURWOREJO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
LAPORAN KEGIATAN PPL COVER DLL.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text
LAPORAN PPL 2 SUCI.pdf Download (219kB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu tahapan yang harus dilalui oleh mahasiswa untuk menyelesaikan studi S1, termasuk bagi mahasiswa program studi Manajemen Pendidikan. Tujuan dari PPL ini adalah agar mahasiswa mampu menerapkan atau mengimplementasikan teori atau ilmu-ilmu yang dipelajari secara langsung kepada instansi pendidikan baik itu di sekolah maupun di lembaga pendidikan. Dengan pengimplementasian ini maka mahasiswa memiliki bekal berupa pengalaman yang didapat dari pelaksanaan kegiatan PPL terebut. Guna mempersiapkan tenaga kerja yang professional Universitas Negeri Yogyakarta memiliki jurusan Administrasi Pendidikan sebagai sarana untuk para mahasiswa mempersiapkan dirinya sebagai tenaga kependidikan nantinya. Mahasiswa merupakan generasi penerus Bangsa yang pada waktunya akan memikul tanggung jawab guna mensukseskan pembangunan nasional, memajukan bangsa dan negara serta diharapkan bisa memajukan Pendidikan sehingga dapat membawa Indonesia untuk bersaing di kancah global. Kebutuhan akan kemampuan dan profesionalisme menuntut adanya pelatihan, untuk itu selain mendapatkan berbagai teori di bangku pendidikan formal, diperlukan adanya pengalaman kerja di lapangan. Dan salah satu cara untuk menambah pengalaman kerja di lapangan adalah dengan diadakannya kegiatan PPL di instansi yang berkaitan. PPL Mahasiswa Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta di Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Purworejo ini merupakan salah satu media untuk mengembangkan potensi yang ada dalam diri mahasiswa, dengan cara mengaplikasikan teori-teori yang didapat mahasiswa sewaktu perkuliahan ke dalam lingkup dunia kerja. Jadi dengan adanya kegiatan PPL ini mahasiswa tidak hanya memahami teori saja tetapi menerapkan kompetensi yang dimiliki di lapangan. Tentunya mahasiswa yang di didik ini sebagai calon tenaga kependidikan yang berkualitas nantinya. Secara keseluruhan program-program PPL yang dilaksanakan baik itu direncanakan ataupun program yang sifatnya incidental dan tambahan telah berjalan dengan lancar. Dalam menjalankan program PPL ini terdapat beberapa factor pendukung dan juga sebaliknya factor penghambat keberhasilan. Namun, berkat bantuan dan dukungan dari berbagai pihak terutama koordinator lembaga Pendidikan dan Pengembangan Anak Usia Dini Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Purworejo dan staf Seksi Pendidikan dan Pengembangan Anak Usia Dini Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Purworejo serta tim PPL UNY maka program-program tersebut dapat dilaksanakan dengan lancar dan baik.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 12 Aug 2016 02:58 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:55 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39584 |
Actions (login required)
View Item |