LAPORAN KEGIATAN PPL DI DINAS PENDIDIKAN KEBUDAYAAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN PURWOREJO

Akbar Hamid S, Akbar Hamid S (2014) LAPORAN KEGIATAN PPL DI DINAS PENDIDIKAN KEBUDAYAAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN PURWOREJO. LAPORAN PPL.

[img]
Preview
Text
COVER+abstrak.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAPORAN FIX.pdf

Download (221kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan II (PPL II) mahasiswa jurusan Program Studi Manajemen Pendidikan Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu program universitas yang dilaksanakan pada setiap tahunnya. Program tersebut termasuk salah satu tahapan yang harus dilalui oleh mahasiswa untuk menyelesaikan studi S1, tidak terkecuali mahasiswa program studi Manajemen Pendidikan. Program ini juga termasuk dalam mata kuliah wajib tempuh. Oleh karena itu, penyusunan laporan pelaksanaan program PPL dipenuhi untuk memenuhi syarat penilaian PPL II. Adapun tujuan dari PPL ini adalah agar mahasiswa mampu menerapkan atau mengimplementasikan teori atau ilmu-ilmu yang dipelajari secara langsung kepada instansi pendidikan baik itu sekolah maupun lembaga pendidikan, memberikan pengalaman belajar yang bersifat praktis, memberikan pengetahuan, wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensidan kemandirian serta tanggungjawab mahasiswa di lokasi PPL. PPL Mahasiswa Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta berlokasikan di Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Purworejo yang berlangsung pada 2 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014. Adapun secara spesifik, program dilaksanakan di Seksi Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Program PPL meliputi program PPL utama, program PPL penunjang, dan program PPL insidental. Program PPL Utama yang sudah dirancang selama perkuliahan PPL 1 pada semester sebelumnya yaitu input data keuangan RKA di SIMDA. Pelaksanaan program meliputi rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dari tanggal 2 Juli sampai dengan 16 september 2014. Pelaksanaan program melibatkan ketua pelaksana program, tim pelaksana, dan pegawai bidang Keuangan. Secara keseluruhan program-program PPL yang dilaksanakan baik itu direncanakan ataupun program yang bersifat menunjang dan insidental telah berjalan dengan lancar. Keberhasilan program yang dilakukan oleh pelaksana dapat dikatan mencapai kurang lebih 90% pada tingkat keberhasilannya namum dalam melaksanakan program ada beberapa hambatan atau kendala yang ditemui. Akan tetapi hal tersebut dapat diatasi dengan berkoordinasi kepada kepala seksi maupun staf Seksi.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 12 Aug 2016 02:52
Last Modified: 12 Aug 2016 02:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39579

Actions (login required)

View Item View Item