Pencapaian Sistem Standar Mutu Berbasis International Maritime Organization (IMO) di Akademi Maritim Nusantara (AMN) Cilacap

Santosa, Prasetya Sigit (2011) Pencapaian Sistem Standar Mutu Berbasis International Maritime Organization (IMO) di Akademi Maritim Nusantara (AMN) Cilacap. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-prasetya-sigit-santosa-09703251014.swf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). seberapa baik kemampuan mengajar dosen, sarana prasarana, dan motivasi belajar mahasiswa terhadap pencapaian sistem standar mutu berbasis International Maritime Organization di AMN, 2).pengaruh kemampuan mengajar dosen, ketersediaan sarana dan prasarana, motivasi belajar mahasiswa baik sendiri-sendiri maupun secara bersama terhadap pencapaian sistem standar mutu berbasis International Maritime Organization di AMN Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Populasi sumber data adalah mahasiswa AMN Cilacap yang berjumlah150. Pengumpulan data dilakukan pada sampel yang diambil secara random dengan tingkat kesalahan 5 % jumlah sampel 108.Teknik pengumpulan data dengan kuesioner, analisis data dengan statistik diskriptif dan analisis korelasi serta regresi. Hasil penelitian ini sebagai berikut : 1).Kemampuan dosen dalam mengajar di AMN dengan rerata 0,65 termasuk dalam kategori cukup. 2).Ketersediaan sarana prasarana pembelajaran di AMN dengan rerata 0,70 termasuk dalam kategori cukup. 3).Motivasi belajar mahasiswa di AMN dengan rerata 0,74 termasuk dalam kategori baik. 4).Pencapaian standar mutu berbasis IMO di AMN 0,69 termasuk dalam kategori cukup. 5).Kemampuan dosen mengajar berpengaruh positif terhadap pencapaian sistem standar mutu berbasis IMO di AMN dengan koefisien korelasi (r1) 0,834 dan koefisien determinasi atau R2 sebesar 0,696. 6).Ketersediaan sarana prasarana berpengaruh positif terhadap pencapaian sistem standar mutu berbasis IMO di AMN dengan koefisien korelasi (r2) 0,877 dan koefisien determinasi atau R2 sebesar 0,766. 7).Motivasi belajar mahasiswa berpengaruh positif terhadap pencapaian sistem standar mutu berbasis IMO di AMN dengan koefisien korelasi (r3) 0,792 dan koefisien determinasi atau R2 sebesar 0,627. 8).Kemampuan dosen mengajar dan ketersediaan sarana prasarana secara simultan berpengaruh positif terhadap pencapaian sistem standar mutu dengan koefisien korelasi (r4) 0,910 dan koefisien determinasi atau R2 sebesar 0,829. 9).Kemampuan dosen mengajar dan motivasi belajar mahasiswa secara simultan berpengaruh positif terhadap pencapaian sistem standar mutu dengan koefisien korelasi (r5) 0,900 dan koefisien determinasi atau R2 sebesar 0,810. 10).Ketersediaan sarana prasarana dan motivasi belajar mahasiswa secara simultan berpengaruh positif terhadap pencapaian sistem standar mutu dengan koefisien korelasi (r6) 0,913 dan koefisien determinasi atau R2 sebesar 0,833. 11).Kemampuan dosen mengajar, ketersediaan sarana prasarana dan motivasi belajar mahasiswa secara simultan berpengaruh positif terhadap pencapaian sistem standar mutu berbasis IMO di AMN dengan koefisien korelasi (r7) 0,933 dan koefisien determinasi atau R2 sebesar 0,871.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: sistem standar mutu, International Maritime Organization (IMO)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2016 10:08
Last Modified: 29 Jan 2019 08:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39578

Actions (login required)

View Item View Item