PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

SUDIYANTO, SUDIYANTO (2014) PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar mengenal serta menghayati seluk beluk lembaga pendidikan dengan segenap permasalahannya, baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan adminitrasi pendidikan. Melalui PPL mahasiswa dapat menerapkan disiplin ilmu yang diperoleh di kampus untuk diterapkan ke dalam lingkungan pendidikan, formal maupun non formal. PPL juga berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa didepan dan diluar kelas. Selain itu, PPL dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses KBM, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun ke dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik. Dimulai pada tanggal 3 Juli 2014 mahasiswa telah diserahkan kepada SD Negeri Ringgit dan kegiatan dimulai dengan observasi, membuat rencana kegiatan hasil konsultasi antara Guru Pembimbing, Kepala Sekolah dan Dosen Pembimbing. Kegiatan Praktik mengajar dimulai pada tanggal 4 Agustus sampai dengan 13 September 2014 dan masa akhir PPL pada tanggal 17 September Penyusun melakukan praktik mengajar di kelas I sampai kelas VI baik dilapangan maupun di dalam kelas. Pada Minggu pertama hari Selasa mengajar dikelas II materi tema 1 sub tema 1 pembelajaran 2, hari Kamis mengajar di kelas IV materi tema 1 sub tema 1 pembelajaran 3. Minggu kedua hari Rabu mengajar di kelas III dengan materi permainan bola kecil dan hari Sabtu mengajar di kelas VI materi permainan bola kecil. Minggu ketiga hari Rabu dan Jum’at mengajar di kelas III dengan materi senam pembentukan dan V materi tema 1 sub tema 2 pembelajaran 2. Minggu keempat hari Senin mengajar di kelas I materi tema 1 sub tema 2 pembelajaran 6 dan hari Kamis mengajar kelas IV materi tema 1 sub tema 3 pembelajaran 5. Untuk Minggu kelima hari Rabu mengajar di kelas III materi latihan kekuatan dan hari Sabtu kelas VI materi senam pembentukan. Sedangkan pada Minggu keenam hari Senin mengajar di kelas I materi tema 1 sub tema 3 pembelajaran 4 dan hari Kamis mengajar kelas IV materi tema 2 sub tema 1 pembelajaran 3. Di samping mengajar juga membantu kegiatan-kegiatn seperti : melatih baris berbaris, melatih petugas upacara, menata ruang perpustakaan, menata ruang UKS dan membantu memperbaiki administrasi sekolah. Semua kegiatan yang kami lakukan sesuai dengan arahan Guru Pembimbing dan Kepala Sekolah Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi Ilmu Keolahragaan, dapat menerapkan methode pembelajaran yang tepat dan dapat memahami kekurangan dan kelebihan potensi diri. Di samping itu juga sebagai tempat bersosialisasi dengan teman sejawat yang saling bertukar pikiran dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan profesionalisme. Selama kegiatan PPL dapat berlangsung dengan aman dan lancar. Harapan kami semoga Praktik Pengalaman Lapangan yang telah kami lakukan dapat bermanfaat pada masa kini, esok dan masa yang akan datang baik untuk sekolah maupun mahasiswa itu sendiri....

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: mempersiapkan mahasiswa menjadi tenaga pendidik yang berkompetensi dan berkualifikasi yang bagus
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Aug 2016 08:45
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39574

Actions (login required)

View Item View Item