PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

SRI ROCHATI, SRI ROCHATI (2014) PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

Program PPL merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk mengembangkan dan menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama kuliah dalam kehidupan nyata di sekolah atau lembaga pendidikan. Kegiatan PPL ini dilaksanakan di SD Negeri Ringgit Kecamatan Ngombol Kabupaten Purworejo yang diawali dengan kegiatan observasi, diskusi antara mahasiswa dengan pihak sekolah, konsultasi program kerja, pelaksanaan program dan pembuatan laporan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Tujuannya adalah memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk lebih mendapat bekal mengajar secara operasional di sekolah, sehinggga tidak hanya teoritis saja. Penerjunan PPL yang dilaksanakan di sekolah mulai tanggal 3 Juli sampai 17 September 2014 di SD Negeri Ringgit akan lebih menguntungkan semua pihak, bagi sekolah, perguruan tinggi, dan mahasiswa. Penyusun melakukan praktik mengajar di kelas I sampai kelas VI baik dilapangan maupun di dalam kelas. Pada Minggu pertama hari Senin mengajar dikelas I materi Tema 1 sub tema 1 dan pembelajaran 4, hari Jum’at mengajar di kelas V materi tema 1 sub tema 1 dan pembelajaran 2. Minggu kedua hari Senin mengajar di kelas I dengan materi tema 1 sub tema 1 pembelajaran 5 dan hari Jum’at mengajar di kelas V materi tema 1 sub tema 1 pembelajaran 5. Minggu ketiga hari Selasa dan Sabtu mengajar di kelas II dengan materi tema 1 sub tema 2 pembelajaran 2 dan kelas VI dengan materi permainan bola besar. Minggu keempat hari Rabu mengajar di kelas III materi permainan bola besar dan hari Sabtu mengajar kelas VI dengan materi atletik. Untuk Minggu kelima mengajar di kelas II dan kelas V pada hari Selasa dengan materi tema 1 sub tema 3 pembelajaran 5 dan Jumat dengan materi tema 1 sub tema 3 pembelajaran 2. Sedangkan pada Minggu keenam mengajar di kelas III dengan materi latihan daya tahan dan kelas VI materi senam kelentukan pada hari Rabu dan Sabtu . Di samping mengajar juga membantu kegiatan-kegiatn seperti : melatih baris berbaris, melatih petugas upacara, menata ruang perpustakaan, menata ruang UKS dan membantu memperbaiki administrasi sekolah. Semua kegiatan yang kami lakukan sesuai dengan arahan Guru Pembimbing dan Kepala Sekolah Dengan kegiatan PPL mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata karena dapat terjun langsung ke sekolah, berkaitan dengan perencanaan pembelajaran, administrasi pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing. Kegiatan PPL kami lakukan dengan aman dan lancar Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kita semua....

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: mempersiapkan mahasiswa menjadi tenaga pendidik yang menguasai, memahami dan dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Aug 2016 08:35
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39571

Actions (login required)

View Item View Item