LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Lokasi : SMP NEGERI 1 NGEMPLAK

Yosi Meilin, Yosi Meilin (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Lokasi : SMP NEGERI 1 NGEMPLAK. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL, PENGESAHAN, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, ABSTRAK.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I, II, III.pdf

Download (364kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang saling bersinergi dan saling mendukung satu dengan yang lain dalam rangka mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik yang baik. Kompetensi yang harus dimiliki mahasiswa mencakup kompetensi sosial, pedagogik, profesional, dan kepribadian. Penyelenggaraan/PPL memiliki tujuan untuk memberikan pengalaman belajar sebagai bentuk realisasi dari wawasan yang diperoleh di Universitas sekaligus sebagai media untuk melatih mengembangkan kompetensi yang harus dikuasai, meningkatkan keterampilan dan kemandirian. Tujuan yang paling penting adalah memberikan pengalaman secara langsung kepada mahasiswa dalam hal perencanaan program, pengelolaan, pelaksanaan dan pembiayaan serta pengevaluasian program secara efektif dan efisien. Pelaksanaan kegiatan PPL secara umum meliputi tiga tahapan yaitu : tahap persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan penyusunan laporan. Tahapan PPL meliputi tahap persiapan pengajaran di kelas dan tahap analisis hasil pembelajaran. Pelaksanaan program PPL dimulai dari tanggal 1 Juli 2014 sampai 17 September 2014. Secara keseluruhan program PPL dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar. Program PPL merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam mengajar. Selain itu juga sebagai wahana untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah didapat di bangku kuliah ke dalam kelas. Adapun tujuan PPL di sekolah ini diantaranya adalah untuk memberikan pembelajaran kepada mahasiswa agar mengenali lingkungan kerja nantinya. Di samping itu, untuk memberikan pembelajaran kepada mahasiswa tentang mekanisme pengajaran dan proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah. Selama kegiatan, praktikan melaksanakan berbagai program kerja yang bertujuan untuk memfasilitasi pengajaran dan pengoptimalan potensi siswa. Pada realitasnya kegiatan berjalan sesuai dengan target yang sudah direncanakan. Kegiatan PPL ini dilaksanakan pada saat KBM berlangsung. Program yang diselenggarakan pada kegiatan PPL, disusun untuk meningkatkan proses pengajaran dan proses belajar siswa. Selain itu, juga untuk melatih praktikan sebelum terjun ke lapangan kerja nantinya. Dengan demikian, praktikan memiliki keterampilan dalam managerial kelas dan sekolah sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan input dan output yang handal.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Aug 2016 08:31
Last Modified: 01 Oct 2019 12:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39570

Actions (login required)

View Item View Item