KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT DI KAWASAN RAWAN BENCANA (KRB)III DESA GLAGAHARJO KECAMATAN CANGKRINGAN DALAM MENGHADAPI BENCANA ERUPSI GUNUNGAPI MERAPI

., ZULAIKHA (2016) KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT DI KAWASAN RAWAN BENCANA (KRB)III DESA GLAGAHARJO KECAMATAN CANGKRINGAN DALAM MENGHADAPI BENCANA ERUPSI GUNUNGAPI MERAPI. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12405244013.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat kesiapsiagaan masyarakat di Kawasan Rawan Bencana ( KRB) III Desa Glagaharjo dalam menghadapi bencana erupsi Gunungapi Merapi (2) upaya masyarakat Desa Glagaharjo untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana erupsi Gunungapi Merapi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua kepala keluarga yang tinggal di KRB III Gunungapi Merapi Desa Glagaharjo, yakni Dusun Kalitengah Lor, dan Kalitengah Kidul dan Srunen dengan jumlah 459 kepala keluarga. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 82 kepala keluarga yang diambil menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 10 %. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel proporsi atau imbangan. Variabel penelitian meliputi: pengetahuan dan sikap terhadap risiko bencana, rencana untuk keadaan darurat, sistim peringatan bencana, dan mobilisasi sumber daya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan instrument pedoman wawancara untuk responden kunci, observasi, dokumentasi, dan kuesioner berupa angket untuk masyarakat di KRB III. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat kesiapsiagaan masyarakat Kawasan Rawan Bencana (KRB) III Desa Glagaharjo dalam menghadapi bencana erupsi Gunungapi Merapi tergolong pada kategori “siap” yaitu dengan rata-rata skor dari nilai keseluruhan responden yang menunjukan angka 53. (2) Upaya masyarakat dalam meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi erupsi meliputi : pembuatan kesepakatan berupa kebijakan untuk tinggal di kawasan rawan bencana bersama tim Pengurangan Risiko Bencana (PRB), pembentukan organisasi kebencanaan DESTANA Glagaharjo, pembuatan jalur evakuasi dan penentuan lokasi titik kumpul pengungsian, penyelesaian penyusunan Standart Operasional Procedure (SOP) kebencanaan Desa Glagaharjo, pembangunan dan perbaikan sarana prasarana untuk kondisi darurat, penggunaan perangkat pemantauan kondisi Gunungapi Merapi, serta perangkat penyebarluasan informasi darurat status Gunungapi Merapi. Kata kunci: Erupsi Gunungapi Merapi, Kesiapsiagaan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 11 Aug 2016 08:22
Last Modified: 30 Jan 2019 10:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39565

Actions (login required)

View Item View Item