PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

WIDYO HANANTO, WIDYO HANANTO (2014) PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pengesahan Dan Astrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
laporan PPL GIRIGONDO.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

Salah satu bentuk pendidikan yang memberikan pengalaman mengajar dan mengenal seluk beluk lembaga pendidikan adalah dengan Praktik Pengalaman Lapangan ( PPL ). Kegiatan PPL dari mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta ( UNY ) dilaksanakan di SD Negeri Girigondo Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo dari tanggal 3 juli 2014 sampai tanggal 17 September 2014. Kegiatan yang dilakukan dalam rangka PPL di SD Negeri Girigondo antara lain: observasi lingkungan pembelajaran dan lingkungan fisik sekolah, persiapan mengajar pembuatan rencana pembelajaran, kegiatan praktik mengajar di kelas, pembuatan media pembelajaran, evaluasi pembelajaran, analisis hasil evaluasi, dan pembuatan laporan sebagai kegiatan akhir dalam rangkaian Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SD Negeri Girigondo. Dengan PPL ini praktikan memperoleh kesempatan untuk menghadapi kondisi riil dalam proses belajar mengajar. Selain itu juga memperoleh pengalaman yang sangat berguna dalam penguasaan kompetensi keilmuan dan keterampilan bidang studi, keterampilan pengembangan profesi, dan kompetensi dalam pembentukan kepribadian sebagai pendidik yang profesional. Mengingat besarnya manfaat dan hasil yang diperoleh dalam PPL ini, kiranya perlu untuk terus ditingkatkan kerjasama yang harmonis antara Universitas Negeri Yogyakarta sebagai salah satu lembaga yang menghasilkan tenaga akademis dengan pihak sekolah. Selain itu juga perlu untuk mengoptimalkan programprogram PPL yang telah disusun dalam rancangan kegiatan sebagai salah satu upaya pencapaian Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Adapun kegiatan praktik mengajar penyusun dimulai tanggal 4 Agustus 2014 sampai tanggal 17 September 2014 dengan rincian jadwal mengajar sebagai berikut. Minggu Kedua hari rabu mengajar kelas V tema 1 sub tema 1 pembelajaran 2. Minggu ketiga hari rabu mengajar kelas III Kompetensi Dasar 1.2. Minggu keempat hari selasa kelas I tema 1 sub tema 3pembelajaran 1 dan hari kamis mengajar kelas IV tema 1 sub tema 3 pembelajaran 5. Minggu kelima hari senin kelas II tema 1 sub tema 4 pembelajaran 2 dan hari kamis mengajar kelas VI Kompetensi Dasar 3.1. Minggu keenam hari rabu kelas V tema 2 sub tema 2 pembelajaran 2. Minggu ketujuh hari rabu mengajar kelas 3 Kompetensi Dasar 3.1 dan hari kamis mengajar kelas VI Kompetensi Dasar 4.1. Mnggu Kedelapan hari selasa kelas 1 tema 2 sub tema 3 pemelajaran 3. Di samping mengajar juga membantu kegiatan-kegiatn seperti : melatih baris berbaris, melatih petugas upacara, melatih sepak bola, menata ruang perpustakaan, menata ruang UKS dan membantu memperbaiki administrasi sekolah. Semua kegiatan yang kami lakukan sesuai dengan arahan Guru Pembimbing dan Kepala Sekolah. iii Melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa dapat menghayati seluk beluk lembaga pendidikan dengan segenap permasalahannya, baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan adminitrasi pendidikan. Mahasiswa juga dapat menerapkan disiplin ilmu yang diperoleh di kampus untuk diterapkan ke dalam lingkungan pendidikan, formal maupun non formal. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat baik bagi sekolah maupun mahasiswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa, Mengenal dan menghayati, lembaga pendidikan, disiplin, pendidikan formal dan non formal.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Aug 2016 08:10
Last Modified: 01 Oct 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39559

Actions (login required)

View Item View Item