PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

KURNIA PAMUNGKAS, KURNIA PAMUNGKAS (2014) PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pengesahan dan abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
laporan PPL Indarto.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

Program PPL merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk mengembangkan dan menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama kuliah dalam kehidupan nyata di sekolah atau lembaga pendidikan. Kegiatan PPL ini dilaksanakan di SD Negeri Girigondo, Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo yang diawali dengan kegiatan observasi, diskusi antara mahasiswa dengan pihak sekolah, konsultasi program kerja, pelaksanaan program dan pembuatan laporan. Kegiatan yang dilakukan dalam rangka PPL di SD Negeri Girigondo antara lain: observasi lingkungan pembelajaran dan lingkungan fisik sekolah, persiapan mengajar pembuatan rencana pembelajaran, kegiatan praktik mengajar di kelas, pembuatan media pembelajaran, evaluasi pembelajaran, analisis hasil evaluasi, dan pembuatan laporan sebagai kegiatan akhir dalam rangkaian Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SD Negeri Girigondo. Penyusun melakukan praktik mengajar di kelas I sampai kelas VI baik dilapangan maupun di dalam kelas. Pada Minggu kedua hari Selasa mengajar kelas I dengan Materi tema 1 sub tema 1 pembelajaran 1dan hari kamis mengajar kelas IV tema 1 sub tema 1 pembelajaran 3.Minggu ketiga hari senin mengajar kelas II tema 1 sub tema 2 pembelajaran 2 dan hari kamis mengajar kelas VI Kompetensi Dasar 1.1. Minggu keempat hari rabu mengajar kelas V tema 1 sub tema 3 pembelajaran 2. Minggu kelima hari rabu mengajar kelas III kompetensi dasar 2.1 . Minggu keenam hari selasa kelas I tema 2 sub tema 1 pembelajaran 4 dan hari kamis mengajar kelas 4 tema 2 sub tema 2 pembelajaran 3. Minggu ketujuh hari senin mengajar kelas II tema 2 sub tema 2 pembelajaran 2. Minggu kedelapan hari rabu mengajar kelas 5 tema 3 sub tema 1 pembelajaran 2. Di samping mengajar juga membantu kegiatan-kegiatn seperti : melatih baris berbaris, melatih petugas upacara, Melatih Sepak bola, menata ruang perpustakaan, menata ruang UKS dan membantu memperbaiki administrasi sekolah. Semua kegiatan yang kami lakukan sesuai dengan arahan Guru Pembimbing dan Kepala Sekolah Dengan kegiatan PPL mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata karena dapat terjun langsung ke sekolah, berkaitan dengan perencanaan pembelajaran, administrasi pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing. Kegiatan PPL kami lakukan dengan aman dan lancar

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: mahasiswa , tenaga pendidik ,menguasai, dan tanggung jawab.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Aug 2016 08:03
Last Modified: 01 Oct 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39554

Actions (login required)

View Item View Item