PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

INDARTO, INDARTO (2014) PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
laporan PPL Indarto.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan dan abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah suatu bentuk pendidikan yang memberikan pengalaman mengajar bagi mahasiswa di lapangan. dapat diartikan sebagai suatu program yang merupakan ajang pelatihan untuk menerapkan berbagai pengetahun dan keterampilan serta sikap maupun mental . Kegiatan PPL ini dilaksanakan di SD Negeri Girigondo Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo merupakan salah satu lokasi PPL semester ganjil 2014/2015. Kegiatan yang dilakukan dalam rangka PPL di SD Negeri Girigondo antara lain: observasi lingkungan pembelajaran dan lingkungan fisik sekolah, persiapan mengajar pembuatan rencana pembelajaran, kegiatan praktik mengajar di kelas, pembuatan media pembelajaran, evaluasi pembelajaran, analisis hasil evaluasi, dan pembuatan laporan sebagai kegiatan akhir dalam rangkaian Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SD Negeri Girigondo. Penyusun melakukan praktik mengajar di kelas I sampai kelas VI baik dilapangan maupun di dalam kelas. Pada Minggu Kedua hari Senin mengajar dikelas I materi tema 1 sub tema 1 pembelajaran 2, hari Kamis mengajar di kelas VI materi KD 1.1 . Minggu ketiga hari Rabu mengajar di kelas V dengan tema 1 sub tema 2 pembelajaran 2 . Minggu Keempat hari Rabu kelas III materi KD 1.3. Minggu Kelima hari Selasa mengajar di kelas I materi tema 1 sub tema 4 pembelajaran 2 dan hari Kamis mengajar kelas IV materi tema 2 sub tema 1 pembelajaran 3. Untuk Minggu keenam hari Senin kelas II dengan materi tema 2 sub tema 1 pembelajaran 2 dan hari Kamis kelas VI materi KD 3.2. Sedangkan pada Minggu ketujuh hari Rabu mengajar di kelas Vtema 2 sub tema 3 pembelajaran 2 dan hari Kamis mengajar kelas III materi KD 3.2. Di samping mengajar juga membantu kegiatan-kegiatn seperti : melatih baris berbaris, melatih petugas upacara, melatih atletik, menata ruang perpustakaan, menata ruang UKS dan membantu memperbaiki administrasi sekolah. Semua kegiatan yang kami lakukan sesuai dengan arahan Guru Pembimbing dan Kepala Sekolah. Dengan PPL ini praktikan memperoleh kesempatan untuk menghadapi kondisi riil dalam proses belajar mengajar. Selain itu juga memperoleh pengalaman yang sangat berguna dalam penguasaan kompetensi keilmuan dan keterampilan bidang studi, keterampilan pengembangan profesi, dan kompetensi dalam pembentukan kepribadian sebagai pendidik yang profesional. Mengingat besarnya manfaat dan hasil yang diperoleh dalam PPL ini, kiranya perlu untuk terus ditingkatkan kerjasama yang harmonis antara Universitas Negeri Yogyakarta sebagai salah satu lembaga yang menghasilkan tenaga akademis dengan pihak sekolah. Selain itu juga perlu untuk mengoptimalkan program program PPL yang telah disusun dalam rancangan kegiatan sebagai salah satu upaya pencapaian Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL adalah mahasiswa, tenaga pendidik , berkompetensi, profesional
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Aug 2016 07:58
Last Modified: 01 Oct 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39549

Actions (login required)

View Item View Item