LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SMP NEGERI 1 NGEMPLAK Alamat: Jl. Kemasan, Jangkang, Widodomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta 3 Juli s/d 17 September 2014

DIMAS RAHMAT SAPUTRA, DIMAS RAHMAT SAPUTRA (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SMP NEGERI 1 NGEMPLAK Alamat: Jl. Kemasan, Jangkang, Widodomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta 3 Juli s/d 17 September 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER DIMAS.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. HALAMAN PENGESAHAN, KATA PENGANTAR DIMAS.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I, II, III DIMAS.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

PRAKTIK Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk mengembangkan dan menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama kuliah dalam kehidupan nyata. PRAKTIK Pengalaman Lapangan (PPL) diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa sebagai wahana untuk membentuk tenaga kependidikan yang professional. Terdapat 2 mahasiswa yang berasal dari Jurusan Pendidikan IPS untuk melakukan PRAKTIK Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan di SMP N 1 Ngemplak. Kegiatan PPL dilaksanakan selama kurang lebih 2,5 bulan yaitu dari tanggal 3 Juli – 17 September 2014. Praktikan mendapat satu guru pembimbing, yaitu Bapak Drs. Akirman yang merupakan guru mata pelajaran IPS. Praktikan mendapat kesempatan mengajar mata pelajaran IPS untuk kelas IX. Mata pelajaran IPS diajarkan sebanyak 2 kali pertemuan dalam seminggu dan setiap pertemuan selama 2 x 40 menit pada setiap kelas. Praktikan diberi kesempatan untuk mengajar masing-masing satu kelas dalam setiap minggu. Praktikan mengajar selama 12 x 40 menit (6 pertemuan/12 jam pelajaran) dalam satu minggu. Dalam rentang waktu tersebut, praktikan aktif mengajar selama 6 minggu dan telah mengajar kelas IX sebanyak 30 kali. Secara garis besar, pelaksanaan praktik mengajar di SMP N 1 Ngemplak ini dapat berjalan dengan cukup baik. Pihak sekolah dan praktikan dapat bekerja sama dengan baik sehingga dapat tercapai suasana yang kondusif dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Selama praktik mengajar, banyak pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh praktikan terutama masalah kegiatan proses pembelajaran di dalam kelas. Proses pengajaran dan pembelajaran dilakukan dengan berbagai metode seperti ceramah, tanya jawab, penugasan, diskusi, dan mind-maaping. Metode Scientific (5M) dalam kurikulum 2013 juga sempat dignakan dalam metode pembelajaran. Setelah selesai mengajar, praktikan mendapat bimbingan oleh guru pembimbing, mengevaluasi jalannya pelajaran, sehingga praktikan mengetahui kelemahan dalam mengajarnya. Pengarahan ini bertujuan agar praktikan dapat memperbaiki kesalahan dan kekurangan yang ada sehingga mampu meningkatkan kualitas mengajar ke depannya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Aug 2016 07:50
Last Modified: 01 Oct 2019 11:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39546

Actions (login required)

View Item View Item