Penerapan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008 dan Dampaknya terhadap Kepuasan Pelanggan Internal dan Eksternal Utama di SMK Negeri 6 Yogyakarta

Mulyono, Mulyono (2011) Penerapan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008 dan Dampaknya terhadap Kepuasan Pelanggan Internal dan Eksternal Utama di SMK Negeri 6 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-mulyono-09703254011.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan penerapan SMM ISO 9001: 2008 di SMK Negeri 6 Yogyakarta dan mencari informasi mengenai dampak penerapan SMM ISO 9001: 2008 terhadap kepuasan pelanggan internal dan eskternal utama di SMK Negeri 6 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, Quality Management Representative (QMR), ketua program keahlian, guru, karyawan, dan siswa. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif dari Miles dan Huberman melalui kegiatan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. 1) Alasan diterapkannya SMM ISO di SMK Negeri 6 Yogyakarta untuk mencegah terjadi kesalahan dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan. 2) Perencanaan SMM ISO 9001:2008 di SMK Negeri 6 Yogyakarta, dilakukan oleh semua komponen sekolah dengan memastikan bahwa rencana sistem manajemen mutu dijalankan dalam rangka memenuhi persyaratan pelanggan. 3) Pengorganisasian dalam SMM ISO yang diterapkan di SMK Negeri 6 Yogyakarta meliputi penetapan tugas-tugas apa yang harus dilakukan, siapa yang melakukan, bagaimana tugas-tugas itu dikelompokkan, siapa melaporkan kepada siapa, serta di mana keputusan harus diambil. 4) Penggerakan SMM ISO di SMK Negeri 6 Yogyakarta terdiri dari: penyusunan dokumen SMM ISO, upgrade SMM ISO 9001:2000 menjadi ISO 9001:2008, rapat tinjauan manajemen, pelatihan auditor internal dan pembentukan tim audit internal, dan pengingatan kembali SMM ISO 9001:2008. 5) Pengawasan pelaksanaan SMM ISO 9001:2008 di SMK Negeri 6 Yogyakarta terdiri dari: audit internal dan audit eksternal. 6) Prinsip mendasar pada pelaksanaan Sistem Manajemen Mutu adalah kepuasan pelanggan. 7) Dampak penerapan SMM ISO 9001:2008 terhadap kepuasan pelanggan internal dan eksternal utama meliputi: kepuasan guru, karyawan, dan siswa terhadap pelaksanaan SMM ISO 9001:2008.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen mutu, kepuasan pelanggan
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2016 07:48
Last Modified: 29 Jan 2019 08:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39543

Actions (login required)

View Item View Item