LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SMP NEGERI 1 NGEMPLAK Alamat: Jl. Kemasan, Jangkang, Widodomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta PERIODE: 3 Juli - 17 September 2014

Della Ardhani, Della Ardhani (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SMP NEGERI 1 NGEMPLAK Alamat: Jl. Kemasan, Jangkang, Widodomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta PERIODE: 3 Juli - 17 September 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL Della Ardhani.pdf

Download (629kB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam mengajar. Selain itu, PPL juga sebagai wahana untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah didapat di bangku kuliah ke dalam lingkungan sekolah, sekaligus sebagai media untuk melatih mengembangkan kompetensi sosial, pedagogik, profesional, dan kepribadian; meningkatkan ketrampilan dan kemandirian. Tujuan yang paling penting adalah memberikan pengalaman secara langsung kepada mahasiswa dalam hal perencanaan program, pengelolaan, pelaksanaan dan pembiayaan serta pengevaluasian program secara efektif dan efisien. Pelaksanaan program PPL dimulai dari tanggal 3 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014. Pelaksanaan PPL terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Secara keseluruhan program PPL dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar, mulai dari PPDB sampai praktik mengajar langsung. Adapun tujuan PPL di sekolah ini diantaranya adalah untuk memberikan pembelajaran kepada mahasiswa agar mengenali lingkungan kerja nantinya. Disamping itu, untuk memberikan pembelajaran kepada mahasiswa tentang mekanisme pengajaran dan proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah. Selama kegiatan PPL, praktikan melaksanakan berbagai program kerja yang bertujuan untuk memfasilitasi pengajaran dan pengoptimalan potensi siswa. Semua kegiatan berjalan sesuai dengan target yang sudah direncanakan, meskipun ada hambatan tetapi masih dapat diatasi dengan bantuan guru pembimbing. Program yang diselenggarakan pada kegiatan PPL, disusun untuk meningkatkan proses pengajaran dan proses belajar siswa. Selain itu, juga untuk memberikan bekal dan melatih mahasiswa sebelum terjun ke lapangan kerja nantinya sebagai seorang pendidik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Aug 2016 07:44
Last Modified: 01 Oct 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39541

Actions (login required)

View Item View Item