KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 PANGGANG GUNUNGKIDUL

., KRISNAWATI (2016) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 PANGGANG GUNUNGKIDUL. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12406241036.swf

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Panggang Gunungkidul karena SMA tersebut memiliki ciri khas yaitu unggul dalam bidang seni dan olahraga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Panggang Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan di SMA Negeri 1 Panggang Gunungkidul. Proses pengambilan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dalam penelitian ini dilakukan kepada sepuluh siswa, guru sejarah, dan kepala sekolah. Observasi dilakukan di ruang kelas X1, XI IPS 1, dan XII IPA 1. Dokumen yang digunakan adalah arsip sekolah seperti profil sekolah, jumlah karyawan, dan dokumen guru seperti RPP, silabus, dan dokumen pembelajaran yang lain. Hasil penelitian kompetensi pedagogik guru sejarah di SMA Negeri 1 Panggang Gunungkidul yaitu (1) Penguasaaan karakteristik peserta didik ditunjukkan dengan memahami intelektual, fisik, moral dan kultural peserta didik; (2) Penguasaaan teori dan prinsip pembelajaran yang mendidik ditunjukkan dengan menggunakan metode pembelajaran bervariasi, mengembangkan alat, media, dan sumber belajar; (3) Pengembangkan kurikulum dengan menyusun RPP, mengembangkan metode bervariasi, dan strategi tebar point; (4) Pelaksanaan pembelajaran yang mendidik antara lain yaitu mengawali dan mengakhiri pembelajaran dengan tepat waktu untuk menamankan kedisiplinan, melakukan pembelajaran di dalam maupun luar kelas, dan menggunakan power point dalam mengajar; (5) Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran yaitu dengan memberikan tugas melalui internet, dan pemanfaatan web guru; (6) Membantu mengaktualisasi potensi dengan membimbing dalam belajar, memberikan kebebasan untuk berpendapat, mendorong mengikuti perlombaan, pelatihan, dan seminar dan saran meningkatkan prestasi; (7) Berkomunikasi dengan peserta didik yaitu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan baik, serta dapat merespon pertanyaan dengan baik; (8) Penyelenggaraan penilaian dan evaluasi yaitu mengkomunikasikan kriteria ketuntasan minimal, pelaksanaan penilaian, hasil penilaian dan evaluasi mengadakan evaluasi; (9) Hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran dasar informasi, menyediakan pelayanan kebutuhan untuk peserta didik, orang tua, guru, pemimpin, dan pembuat kebijakan; (10) Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran dengan memberikan motivasi dan inspirasi, dan memberikan kesempatan menyampaikan kesulitan-kesulitan belajar. Kata kunci: Kompetensi Pedagogik, Guru Mata Pelajaran Sejarah, SMA Negeri 1 Panggang Gunungkidul

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 11 Aug 2016 07:37
Last Modified: 30 Jan 2019 10:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39536

Actions (login required)

View Item View Item