Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas, Komunikasi Kepala Sekolah, dan Motivasi Belajar Peserta Didik, Terhadap Kualitas Pembelajaran SDN Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Yogyakarta

Fadilah, Chafidlatun Nur (2016) Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas, Komunikasi Kepala Sekolah, dan Motivasi Belajar Peserta Didik, Terhadap Kualitas Pembelajaran SDN Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-chafidlatun-nur-fadilah-14703259002.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh variabel supervisi akademik pengawas, komunikasi kepala sekolah, dan motivasi belajar peserta didik, secara sendiri-sendiri dan bersama-sama terhadap kualitas pembelajaran SDN Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ex post facto. Populasi penelitian ini adalah guru-guru kelas SDN di Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Yogyakarta. Ukuran sampel yang berjumlah 62 guru, dipilih berdasarkan teknik proportional sampling. Instrumen dibuat dalam bentuk angket, validitas instrumen dianalisis dengan product moment. Reliabilitasnya dihitung dengan teknik Alfa Cronbach. Analisis data menggunakan teknik regresi sederhana dan ganda. Hasil penelitian membuktikan: (1) terdapat pengaruh signifikan supervisi akademik pengawas terhadap kualitas pembelajaran berdasarkan persepsi guru (2) terdapat pengaruh signifikan komunikasi kepala sekolah terhadap kualitas pembelajaran (3) terdapat pengaruh signifikan motivasi belajar peserta didik terhadap kualitas pembelajaran berdasarkan persepsi guru (4) terdapat pengaruh signifikan supervisi akademik pengawas, komunikasi kepala sekolah dan motivasi belajar peserta didik secara bersama-sama terhadap kualitas pembelajaran berdasarkan persepsi guru (5) terdapat pengaruh signifikan supervisi akademik pengawas terhadap kualitas pembelajaran berdasarkan hasil belajar peserta didik (6) terdapat pengaruh signifikan komunikasi kepala sekolah terhadap kualitas pembelajaran berdasarkan hasil belajar peserta didik (7) terdapat pengaruh signifikan motivasi belajar peserta didik terhadap kualitas pembelajaran berdasarkan hasil belajar peserta didik (8) terdapat pengaruh signifikan supervisi akademik pengawas, komunikasi kepala sekolah, dan motivasi belajar peserta didik secara bersama-sama terhadap kualitas pembelajaran berdasarkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Supervisi akademik pengawas, komunikasi kepala sekolah, motivasi belajar peserta didik, kualitas pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 11 Aug 2016 07:07
Last Modified: 11 Aug 2016 07:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39522

Actions (login required)

View Item View Item