LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SLB- B KARNNAMANOHARA Kelas Dasar Empat (4) LOKASI SLB KARNNA MANOHARA DERESAN Jl. Pandean No. 2 Gang Wulung CC Depok

Alvi Nurdina, Alvi Nurdina (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SLB- B KARNNAMANOHARA Kelas Dasar Empat (4) LOKASI SLB KARNNA MANOHARA DERESAN Jl. Pandean No. 2 Gang Wulung CC Depok. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PPL_ALVI NURDINA_11103241054.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan merupakan salah satu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar secara langsung di lapangan kerja. Kegiatan PPL diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggungjawab dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Kegiatan PPL dilaksanakan mulai tanggal 4 Juli – 16 September 2014. Praktek Pengalaman Lapangan dilaksanakan di SLB B Karnamanohara, yang beralamat di Jl. Pandean 2, gang Wulung, Depok, Condongcatur, Sleman Yogyakarta. Program PPL direncanakan dan dilaksanakan secara individu. Kegiatan PPL ini diawali dengan melakukan observasi sekolah, baik yang berkenaan dengan kondisi fisik sekolah maupun yang berkenaan dengan proses belajar mengajar di kelas dengan bertujuan agar mahasiswa memperoleh data mengenai sekolah yang akan menjadi lokasi PPL sehingga harapannya program PPL yang direncanakan dapat berjalan dengan lancar karena sesuai dengan kondisi sekolah. Setelah itu, praktikan mendapat data yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam merumuskan program yang akan dilaksanakan disertai konsultasi/bimbingan dengan dosen pembimbing PPL dan guru pembimbing. Program yang telah dilaksanakan berdasarkan hasil pelaksanaan yaitu program kurikuler: Pelatihan Kurikulum 2013, Pelatihan MMR (Metode Maternal Reflektif), Praktik Lapangan secara terbimbing, Praktik mengajar secara Mandiri, Pembuatan RPP dan Pembuatan Media Pembelajaran; program ekatrakurikuler: Pendampingan Cooking Class, Pelatihan Menari, Pelatihan pantomime, pelatihan puisi visualisasi dan Pentas Seni. Sedangkan program insidental yang telah terlaksana yaitu menjenguk guru yang melahirkan, Piket sekolah dan Upacara 17 Agustus. Total jam pelaksanaan praktik pengalaman lapangan yaitu 273 jam. Keseluruhan program telah terlaksana dengan baik karena mendapat dukungan dari seluruh warga sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Program, Pelaksanaan.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Aug 2016 06:52
Last Modified: 01 Oct 2019 11:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39514

Actions (login required)

View Item View Item