LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI2 KALASAN Kledokan, Selomartani, Kalasan, Sleman 2 Juli - L7 September 2014

LATIFAII ANIS ANGGA DEWI, LATIFAII ANIS ANGGA DEWI (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI2 KALASAN Kledokan, Selomartani, Kalasan, Sleman 2 Juli - L7 September 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover,123.pdf

Download (43MB) | Preview

Abstract

Mata kuliah Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan berupa ketrampilan dalam bidang pembelajaran dan manajerial sekolah atau lembaga, dalam rang|<a melatih dan mengeurbangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Tujuan yang lain adalah memberi kesempat?rn pada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal dan menghayati permasalahan yang dihadapi lembaga pendidikan, menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki ke dalam kehidupan nyata. Mahasiswa juga dapat belajm dari lernbaga sekolah sekaligus dapat menyumbangkan pemikiran dan tenaga guna pengembangan lembaga pendidikarr yang bersangkutan. Pelaksanaan kegiatan PPL bertujuan melatih mahasiswa untuk menr,apkan pengetatruan dan kemampuan yang telah dimilikinya dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya, sehingga mahasiswa dapat memiliki pengalaman yang dapat digunakan. sebagai bekal untuk mengembangkan kompetensinya di masa yaflg akan datang dalam kaitannya sebagai pendiclik. Pelaksanaan kegiatan PPL secara umum meliputi tiga tatrapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan, penlusunan laporan dan evaluasi. Tahap persiapan meliputi pemrbekalan PPL yang dilaksanakan di kampus UNY sebelum penerjunan ke lapangan. Tahapan pelaksanaan PPL meliputi tahap cbservasi potensi pengembangan sekolah, identifikasi dan inventarisasi pcnnasalahan, penyusunan rancangan program, pengajuan proposal dan pelaksanaan progrsm. Setelah pelaksanaan peserta PPL wajib menyusun laporan yang kemudian akan dievaluasi oleh sekolah danDPL PPL. Secara umum, program ke{a PPL di sekola}r tersebut dapat terlaksana dengan lancar. Kendala dalam melaksanakan suafu program menrpakan suatu hal yang tidak dapat dihindari. oleh karena itu, program yang masih memerlukan tindak lanjut dapat dilaksanakan oleh peserta PPL periode berikutnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Program PPL, observosi, Persiapan, Pelaksanaan, Evaluasi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Aug 2016 07:00
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39509

Actions (login required)

View Item View Item