LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI SMP N 10 MAGELANG Jalan Soekarno-Hatta, No. 2, Magelang

Anita Oktariana Dewi, Anita Oktariana Dewi (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI SMP N 10 MAGELANG Jalan Soekarno-Hatta, No. 2, Magelang. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PDF ANITA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu program bagi mahasiswa kependidikan untuk menerapkan secara langsung teori-teori pembelajaran yang telah didapatkan di dalam perkuliahan. Kegiatan PPL bertujuan untuk mendapatkan berbagai pengalaman mengenai proses pembelajaran dan kegiatan dalam lingkungan sekolah yang digunakan sebagai bekal menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang digunakan sebagai tenaga pendidik. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berlokasi di SMP Negeri 10 Magelang. Pelaksanaan PPL dimulai tanggal 2 Juli sampai dengan 17 September 2014. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Mahasiswa PPL diberikan kesempatan mengajar di kelas sebanyak 8 kali tatap muka. Praktikan telah memenuhi syarat tersebut yaitu dengan mengajar sebanyak 28 kali tatap muka berikut ulangan harian dan remidial teaching,dengan jumlah 14 jam dalam sepekan. Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 yaitu pendekatan saintifik (scientific approach) untuk kelas VII dan KTSP untuk kelas IX. Sedangkan metode yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah metode observasi, metode diskusi kelompok, dan metode eksperimen. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain powerpoint, audio - video, dan alat musik. Banyak kendala dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PPL, baik yang bersifat intern maupun ekstern, diantaranya sulitnya mengelola kelas, karena peserta didik sulit untuk dikondisikan. Hambatan ini dapat diatasi dengan mengatur volume suara dan intonasi suara serta dengan cara mendekati siswa dan memberikan perhatian lebih kepada siswa yang gaduh. Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan sukses. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Aug 2016 04:14
Last Modified: 01 Oct 2019 11:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39499

Actions (login required)

View Item View Item