PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK ANAK KELOMPOK USIA 5-6 TAHUN SE-GUGUS 1 KECAMATAN MINGGIR

Ninda, Kurniawati (2016) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK ANAK KELOMPOK USIA 5-6 TAHUN SE-GUGUS 1 KECAMATAN MINGGIR. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Ninda Kurniawati_12111241024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran kontekstual dalam pendidikan agama Islam se-gugus 1 kecamatan Minggir Sleman. Pembelajaran kontekstual dalam pendidikan agama Islam yang terpenting adalah bagaimana anak-anak mampu memahami makna materi yang diajarkan dengan mengaitkan situasi dunia nyata untuk menghubungkan pengetahuan yang dimiliki dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian meliputi guru, anak, dan kepala TK, sedangkan objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran kontekstual pendidikan agama Islam usia 5-6 tahun di TK se-gugus 1 kecamatan Minggir Sleman. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan menggunakan model analisis interaktif. Data-data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh TK se-gugus 1 kecamatan Minggir melakukan perencanaan pembelajaran kontekstual meliputi penulisan standar kompetensi dan penilaian dasar pengenalan pendidikan agama Islam, penentuan indikator dalam pencapaian hasil belajar pendidikan agama Islam, penentuan metode, tujuan dan alokasi waktu, penentuan materi dan persiapan mengajar, penentuan alat dan bahan, dan penentuan evaluasi. Satu diantara enam TK di gugus 1 kecamatan Minggir tidak melaksanakan pembelajaran kontekstual pendidikan agama Islam yaitu TK Masyithoh Minggir 1. Dua sekolah tidak melaksanakan penilaian autentik yaitu TK Masyithoh Minggir 1 dan TK ABA Tobayan. Hambatan selama proses pembelajaran meliputi sekolah belum menggunakan RKH berbasis pembelajaran kontekstual, kemampuan guru yang berbeda antara guru satu dengan lainnya, kondisi kelas yang kurang kondusif karena anak sulit diatur, ada guru yang hanya menilai hasil karya anak tanpa melihat prosesnya secara langsung, letak geografis yang kurang mendukung dikarenakan berada di tengah pemukiman warga beragama lain. Kata kunci: pembelajaran kontekstual, pendidikan agama islam

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 11 Aug 2016 02:53
Last Modified: 30 Jan 2019 10:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39476

Actions (login required)

View Item View Item