LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI: SMP N 2 DEPOK 2 Juli – 16 September 2014

Heni Supriyanti, Heni Supriyanti (2014) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI: SMP N 2 DEPOK 2 Juli – 16 September 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan_PPL_Heni_PDF.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu Perguruan Tinggi di Yogyakarta yang mengedepankan pencetakan tenaga pendidik. Universitas Negeri Yogyakarta tetap mempertahankan dan terus mengembangkan salah satu fungsinya yaitu untuk mempersiapkan serta menghasilkan guru/tenaga kependidikan lainnya yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan sehingga menjadi tenaga kependidikan yang profesional. Untuk mewujudkan semua itu maka mahasiswa program studi kependidikan harus menempuh mata kulaih Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Mata kuliah tersebut dilaksanakan secara rutin dan berkala setiap tahunnya. Program PPL semester khusus (tahun 2014) mahasiswa program studi kependidikan dikonsentrasikan pada lokasi sekolah yang tersebar di kabupaten Sleman, Bantul, Kota Yogyakarta, Kulon Progo, Gunung Kidul, Klaten, dan Purworejo. Salah satu lokasi KKN-PPL di kabupaten Sleman adalah SMP N 2 Depok yang terletak di Jl Dahllia, Perumnas, Gempol condongcatur, Depok, Sleman Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) memiliki tujuan untuk memberikan pengalaman nyata serta melatih mahasiswa agar mengetahui seluk beluk proses belajar mengajar. Pelaksanaan PPL mahasiswa UNY tahun 2014 yang dilaksanakan selama kurang lebih 7 minggu dilokasi SMP N 2 Depok, telah berhasil melaksanakan beberapa program kegiatan yag terdiri dari kegiatan belajar mengajar. Yang dimaksud kegiatan belajar mengajar disini adalah serangkaian kegiatan yng dilaksanakan minimal 8 kali tatap muka. Kegiatan belajar mengajar dibagi menjadi 2 yaitu kegiatan belajar mengajar terbimbing dan mandiri. Praktik mengajar terbimbing adalah latihan mengajar yang dilakukan oleh mahasiswa dalam menerapkan kemampuan mengajarnya secara utuh dikelas dengan dibimbing oleh guru pembimbing, demikian sebaliknya untuk praktik mengajar mandiri. Adapun keberhasilan dari pelaksanaan program-program yang tersebut diatas tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak. Selain itu adanya persiapan dan perencanaan yang matang dari praktikan. Keterlibatan guru pembimbing, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL-PPL), dan peserta didik yaitu siswa-siswi SMP N 2 Depok akan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Dari kegiatan PPL ini diharapkan benar-benar bermanfaat bagi terciptanya calon guru vii yang terampil, berpengalaman, dan profesional sehingga mampu menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas bagi kemajuan bangsa ini. Secara umum pelaksanaan PPL di SMP N 2 Depok berjalan dengan baik dan lancar berkat kerjasama yang harmonis beberapa unsur sekolah seperti Kepala Sekolah, guru, karyawan, dan siswa. Beberapa saran yang dikemukakan mahasiswa antara lain: saat kegiatan observasi PPL hendaklah terjalin kerja sama dan keterbukaan antara elemen sekolah dan mahasiswa sehingga program kerja PPL yang disusun dapat berjalan dengan baik, meskipun banyak sekali program insidental yang harus dikerjakan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Aug 2016 02:05
Last Modified: 01 Oct 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39470

Actions (login required)

View Item View Item