MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING DALAM PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B2 DI TK NEGERI PEMBINA PANJATAN KULON PROGOYOGYAKARTA

Retno, Andani (2016) MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING DALAM PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B2 DI TK NEGERI PEMBINA PANJATAN KULON PROGOYOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Skripsi_Retno Andani_12111241031.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Model pembelajaran kontekstual adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dalam pengembangan kognitif anak. Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, dua guru kelas kelompok B2 (usia enam tahun), 12 anak laki-laki dan 13 anak perempuan kelompok usia enam tahun di TK Negeri Pembina Panjatan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Data-data hasil penelitian diuji keabsahannya menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran CTL dalam pengembangan kognitif anak dilakukan melalui tiga tahap, yaitu: 1) perencanaan pembelajaran dilakukan mulai dari pemilihan tema, pembuatan program semester, rencana persiapan pembelajaran mingguan (RPPM), rencana persiapan pembelajaran harian (RPPH), dan rencana penilaian, 2) pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dengan mempertimbangkan keberagaman siswa, menyediakan lingkungan pembelajaran mandiri, memperhatikan multi inteligensi, menggunakan teknik bertanya, mengembangkan pemikiran siswa agar mengkonstruksi pengetahuan sendiri, memfasilitasi kegiatan penemuan, mengembangkan sifat ingin tahu, memodelkan sesuatu, mengarahkan siswa untuk merefleksikan kegiatan, menerapkan penilaian sebenarnya, dan mendorong siswa membangun kesimpulan, 3) penilaian pembelajaran yang mencakup: a) penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan, b) penilaian dilakukan selama proses dan setelah selesai pembelajaran, dan c) penilaian menggunakan unjuk kerja, hasil karya, penugasan, percakapan, dan observasi. Kata kunci : model pembelajaran Contextual Teaching Learning, pengembangan kognitif anak 5-6 tahun, kelompok B2.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 11 Aug 2016 02:07
Last Modified: 30 Jan 2019 10:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39469

Actions (login required)

View Item View Item