LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2014 SMP NEGERI 2 DEPOK Jl. Dahlia Perumnas Condongcatur Depok Sleman Yogyakarta

Fithria Nur Halimah, Fithria Nur Halimah (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2014 SMP NEGERI 2 DEPOK Jl. Dahlia Perumnas Condongcatur Depok Sleman Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
0. COVER.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa kependidikan. Pada saat PPL ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori yang sudah didapat pada perkuliahan sebelumnya dan sekaligus mencari ilmu secara empirik serta bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat di perkuliahan. Kegiatan PPL dapat bertujuan untuk mendapatkan berbagai pengalaman mengenai proses pembelajaran dan kegiatan dalam lingkungan sekolah yang digunakan sebagai bekal menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PPL langsung pada lingkungan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktek ini adalah SMP Negeri 2 Depok, yang dilaksanakan mulai dari tanggal 2 Juli 2014 hingga tanggal 13 September 2014. Wujud pelaksanaan PPL ini adalah mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Waktu yang digunakan untuk satu kali tatap muka adalah 2x40 menit. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 8 kali pertemuan, namun praktikan dapat melakukan kegiatan pengajaran di kelas sebanyak 9 pertemuan, sedangkan kelas yang diajar sebanyak 4 kelas, yaitu kelas VIII A, VIII B, VIII C dan VIII D dengan kurikulum 2013. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas, antara lain diskusi kelompok, permainan, dan penugasan. Banyak kendala dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PPL, akan tetapi hal ini merupakan suatu proses untuk menuju yang lebih baik. Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan kedisiplinan akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan sukses. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Proses Pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Aug 2016 01:56
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39468

Actions (login required)

View Item View Item