PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL PERAKITAN KOMPUTER PADA MATA PELAJARAN TIK UNTUK SISWA KELAS X DI SMA N 1 BANTUL

Wibowo, Agus (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL PERAKITAN KOMPUTER PADA MATA PELAJARAN TIK UNTUK SISWA KELAS X DI SMA N 1 BANTUL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Agus Wibowo 11502247017.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan suatu produk baru yang berupa modul perakitan komputer di SMA N 1 Bantul. Tujuan lain dari penelitian ini adalah mengetahui tahapan pengembangan dan kelayakan dari komputer sesuai dengan N 1 Bantul. Metode penelitian yang pengembangan ((Research and Developm berupa modul mata pelajaran TIK pendahuluan; (2) perencanaan; (5) uji coba lapangan awal; (9) uji coba lapangan operasional; penyempurnaan produk. Bantul. Data dikumpulka Teknik analisis yang digunakan adalah mengetahui kelayakan modul Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran yang dihasilkan berupa produk berbentuk modul kompetensi dan kompetensi dasar materi dua (2) materi kegiatan belajar hardware (perangkat keras) komputer dosen ahli materi memperoleh skor rata kriteria penilaian baik, guru skor keseluruhan 3,94 materi 2 memperoleh rata dari ahli media 1 memperoleh rata kriteria penilaian baik, sebesar 3,89 dengan kriteria penilaian rata-rata skor keseluruhan sebesar 4,10 dengan kriteria penilaian baik. kelayakan modul apabila skor rata minimal yaitu baik. Berdas perakitan komputer di SM layak digunakan untuk mendukung Kata kunci : modul, perakitan komputer viii PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL PERAKITAN KOMPUTER PADA MATA PELAJARAN TIK UNTUK SISWA KELAS X DI SMA N 1 BANTUL Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan suatu produk baru yang berupa modul perakitan komputer di SMA N 1 Bantul. Tujuan lain dari penelitian ini adalah mengetahui tahapan pengembangan dan kelayakan dari komputer sesuai dengan N 1 Bantul. Metode penelitian yang pengembangan ((Research and Developm berupa modul mata pelajaran TIK pendahuluan; (2) perencanaan; (5) uji coba lapangan awal; (9) uji coba lapangan operasional; penyempurnaan produk. Bantul. Data dikumpulka Teknik analisis yang digunakan adalah mengetahui kelayakan modul Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran yang dihasilkan berupa produk berbentuk modul kompetensi dan kompetensi dasar materi dua (2) materi kegiatan belajar hardware (perangkat keras) komputer dosen ahli materi memperoleh skor rata kriteria penilaian baik, guru skor keseluruhan 3,94 materi 2 memperoleh rata dari ahli media 1 memperoleh rata kriteria penilaian baik, sebesar 3,89 dengan kriteria penilaian rata-rata skor keseluruhan sebesar 4,10 dengan kriteria penilaian baik. kelayakan modul apabila skor rata minimal yaitu baik. Berdas perakitan komputer di SM layak digunakan untuk mendukung Kata kunci : modul, perakitan komputer PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL PERAKITAN KOMPUTER PADA MATA PELAJARAN TIK UNTUK SISWA KELAS X DI SMA N 1 BANTUL Oleh : AGUS WIBOWO 11502247017 ABSTRAK dari penelitian ini adalah mengembangkan suatu produk baru yang perakitan komputer di SMA N 1 Bantul. Tujuan lain dari penelitian mengetahui tahapan pengembangan dan kelayakan dari modul sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan Research and Development)). Pengembangan produk baru mata pelajaran TIK melalui beberapa tahap, yaitu (1) perencanaan;(3) pengembangan produk awal; (4) revisi desai (5) uji coba lapangan awal;(6) revisi I; (7) uji coba lapangan utama; (8 uji coba lapangan operasional; (10) revisi produk akhir; dan (11) penyempurnaan produk. Penelitian ini dilakukan pada Siswa kelas X Data dikumpulkan dengan menggunakan Instrumen berupa angket. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif untuk modulperakitan komputer. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran yang dihasilkan berupa modul mata pelajaran TIK. Berdasarkan silabus, standar kompetensi dan kompetensi dasar materi-materi kemudian dikembangkan menjadi materi kegiatan belajar. Materi pokok dari modul, yaitu (1) pengenalan (perangkat keras) komputer, (2) merakit komputer. Menurut dosen ahli materi memperoleh skor rata-rata keseluruhan sebesar 4,17 kriteria penilaian baik, guru TIK 1 sebagai ahli materi 1 memperoleh rata dengan kriteria penilaian baik, guru TIK 2 sebagai ahli memperoleh rata-rata skor keseluruhan 4 dengan kriteria penilaian baik 1 memperoleh rata-rata skor keseluruhan sebesar 4, dari ahli media 2 memperoleh rata-rata skor keseluruhan dengan kriteria penilaian baik, dan dari uji lapangan memperoleh rata skor keseluruhan sebesar 4,10 dengan kriteria penilaian baik. apabila skor rata-rata keseluruhan tidak kurang dari standar Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa rakitan komputer di SMA N 1 Bantul yang dikembangkan sudah baik sehingga layak digunakan untuk mendukung kegiatan pembelajaran. perakitan komputer MEDIA PEMBELAJARAN MODUL PERAKITAN KELAS X dari penelitian ini adalah mengembangkan suatu produk baru yang perakitan komputer di SMA N 1 Bantul. Tujuan lain dari penelitian modulperakitan (KTSP)di SMA digunakan adalah metode penelitian dan ). Pengembangan produk baru melalui beberapa tahap, yaitu (1) studi revisi desain; 8) revisi II; revisi produk akhir; dan (11) SMA N 1 n dengan menggunakan Instrumen berupa angket. analisis kualitatif dan kuantitatif untuk Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran yang dihasilkan berupa . Berdasarkan silabus, standar ian dikembangkan menjadi pengenalan Menurut penilaian 4,17 dengan memperoleh rata-rata sebagai ahli dengan kriteria penilaian baik, 4,11 dengan ta skor keseluruhan dan dari uji lapangan memperoleh rata skor keseluruhan sebesar 4,10 dengan kriteria penilaian baik. Standar rata keseluruhan tidak kurang dari standar arkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan sudah baik sehingga

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 11 Aug 2016 02:03
Last Modified: 30 Jan 2019 10:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39455

Actions (login required)

View Item View Item