Hubungan antara Pergaulan Teman Sebaya dan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa SMP Negeri 2 Bantul

Lestari, Diyah Bekti (2016) Hubungan antara Pergaulan Teman Sebaya dan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa SMP Negeri 2 Bantul. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12416241022.swf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi Full 12416241022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara pergaulan teman sebaya dengan kecerdasan emosional; (2) hubungan antara pergaulan teman sebaya dengan hasil belajar mata pelajaran IPS; (3) hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar mata pelajaran IPS; dan (4) hubungan antara pergaulan teman sebaya dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar mata pelajaran IPS. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian meliputi seluruh siswa SMP Negeri 2 Bantul yang berjumlah 472 siswa. Jumlah sampel ditentukan berdasarkan rumus yang dikembangkan Isaac dan Michael diperoleh hasil 196 siswa, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Metode pengumpulan data pergaulan teman sebaya dan kecerdasan emosional menggunakan instrumen, sedangkan data hasil belajar menggunakan teknik dokumentasi. Instrumen diuji validitas konstruk (construct validity) dengan pendapat ahli (expert judgment) dan validitas empiris (valditas eksternal) dengan korelasi product moment, sedangkan reliabilitas dengan cronbach’s alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pergaulan teman sebaya dan kecerdasan emosional siswa SMP Negeri 2 Bantul memiliki hubungan yang saling berpengaruh, artinya siswa mampu bergaul dan membangun persahabatan, mampu berkomunikasi dengan baik, mampu menjalin kerjasama dan memiliki sikap empati; (2) pergaulan teman sebaya dan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa SMP Negeri 2 Bantul memiliki hubungan yang saling berpengaruh, artinya siswa yang terampil dan berorientasi pada prestasi akademik; dan (3) kecerdasan emosional dan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa SMP Negeri 2 Bantul memiliki hubungan yang saling berpengaruh, artinya siswa memiliki motivasi tinggi dalam belajar, keuletan, disiplin; dan (4) terdapat hubungan saling berpengaruh antara pergaulan teman sebaya dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar mata pelajaran IPS, artinya siswa mampu mengendalikan emosi dengan baik serta bertanggung jawab terhadap tugasnya. Kata kunci: Pergaulan Teman Sebaya, Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 11 Aug 2016 01:09
Last Modified: 30 Jan 2019 10:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39450

Actions (login required)

View Item View Item