PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBENTUKAN SOAL (PROBLEM POSING) TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2 DI SMA NEGERI 1 BUMIAYU TAHUN AJARAN 2007/2008

Hany Fatu , , Muslimah (2010) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBENTUKAN SOAL (PROBLEM POSING) TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2 DI SMA NEGERI 1 BUMIAYU TAHUN AJARAN 2007/2008. S1 thesis, UNY.

[img] Text
PENGARUH_PENERAPAN_PENDEKATAN_PEMBENTUKAN_SOA1.docx

Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kimia peserta didik yang menggunakan pendekatan problem posing model semi terstruktur dengan prestasi belajar kimia peserta didik yang menggunakan pendekatan problem posing model terstruktur apabila pengetahuan awal kimia dikendalikan secara statistik. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik kelas X semester 2 SMA Negeri 1 Bumiayu tahun ajaran 2007/2008 yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah 320 peserta didik. Sampel diambil melalui teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan yaitu 2 kelas, kemudian dibagi menjadi kelas terstruktur (Al) clan kelas semi terstruktur (A2) dengan jumlah sampel keseluruhan 78 peserta didik. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data pengetahuan awal kimia dan metode tes digunakan untuk memperoleh data prestasi belajar kimia peserta didik. Analisis data menggunakan analisis kovarians satu jalur dengan satu kovariabel. Dari hasil analisis kovarians diperoleh harga Fo = 2,992 dan p = 0,084 maka Ho diterima, sehingga disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kimia peserta didik yang menggunakan pendekatan problem posing model semi terstruktur dengan prestasi belajar kimia peserta didik yang menggunakan pendekatan problem posing model terstruktur. Rerata semua variabel untuk ANAKOVA kelas terstruktur (A1) sebesar 6,702 sedangkan untuk kelas semi terstruktur (A2) sebesar 7,065. Jadi, pembelajaran menggunakan pendekatan problem posing model semi terstruktur cenderung lebih efektif jika dibandingkan pendekatan problem posing model terstruktur walaupun secara stastistik perbedaan prestasi belajar kimia kedua kelas tersebut tidak signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 10 Aug 2012 05:50
Last Modified: 29 Jan 2019 15:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3945

Actions (login required)

View Item View Item