LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI: SMP N 2 DEPOK 2 Juli – 16 September 2014

Annisa Lestari, Annisa Lestari (2014) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI: SMP N 2 DEPOK 2 Juli – 16 September 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAPORAN COVER.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ISI LAPORAN.pdf

Download (203kB) | Preview

Abstract

UniversitasNegeri Yogyakarta merupakansalahsatuPerguruanTinggi di Yogyakarta yang mengedepankanpencetakantenagapendidik.UniversitasNegeri Yogyakarta tetapmempertahankandanterusmengembangkansalahsatufungsinyayaituuntukmempersiapkansertamenghasilkan guru/tenagakependidikanlainnya yang memilikinilai, sikap, pengetahuan, danketerampilansehinggamenjaditenagakependidikan yang profesional.Untukmewujudkansemuaitumakamahasiswa program studikependidikanharusmenempuhmatakuliah PraktikPengalamanLapangan (PPL).Mata kuliahtersebutdilaksanakansecararutindanberkalasetiaptahunnya.Program PPL semester khusus (tahun 2014) mahasiswa program studikependidikandikonsentrasikanpadalokasisekolah yang tersebar di kabupatenSleman, Bantul, Kota Yogyakarta, KulonProgo, GunungKidul, Klaten, danPurworejo. Salah satulokasi KKN-PPL di kabupatenSlemanadalahSMP N 2 Depok yangterletak di JlDahlia, Perumnas, Gempol, Condongcatur, Depok, Sleman. PraktikPengalamanLapangan (PPL) memilikitujuanuntukmemberikanpengalamannyatasertamelatihmahasiswa agar mengetahuiselukbeluk proses belajarmengajar. Pelaksanaan PPL mahasiswa UNY tahun 2014 yang dilaksanakanselamakuranglebih 7 minggudilokasiSMP N 2 vii Depok, telahberhasilmelaksanakanbeberapa program kegiatanyang terdiridarikegiatanbelajarmengajar. Yang dimaksudkegiatanbelajarmengajardisiniadalahserangkaiankegiatanyngdilaksanakan minimal 8 kali tatapmuka.Kegiatanbelajarmengajardibagimenjadi 2 yaitukegiatanbelajarmengajarterbimbingdanmandiri.Praktikmengajarterbimbingadalahlatihanmengajar yang dilakukanolehmahasiswadalammenerapkankemampuanmengajarnyasecarautuhdikelasdengandibimbingoleh guru pembimbing, demikiansebaliknyauntukpraktikmengajarmandiri.Adapunkeberhasilandaripelaksanaan program-program yang tersebutdiatastidakterlepasdaribantuanberbagaipihak.Selainituadanyapersiapandanperencanaan yang matangdaripraktikan.Keterlibatan guru pembimbing, DosenPembimbingLapangan (DPL-PPL), danpesertadidikyaitusiswa-siswiSMP N 2 DepokakansangatberpengaruhterhadapkesuksesanPraktikPengalamanLapangan (PPL). Dari kegiatan PPL inidiharapkanbenar-benarbermanfaatbagiterciptanyacalon guru yang terampil, berpengalaman, danprofesionalsehinggamampumenciptakansumberdayamanusia yang berkualitasbagikemajuanbangsaini. Secaraumumpelaksanaan PPL di SMP N 2 Depokberjalandenganbaikdanlancarberkatkerjasama yang harmonisbeberapaunsursekolahsepertiKepalaSekolah, guru, karyawan, dansiswa.Beberapa saran yang dikemukakanmahasiswaantara lain : saatkegiatanobservasi KKN-PPL hendaklahterjalinkerjasamadanketerbukaanantaraelemensekolahdanmahasiswasehingga program kerja KKN-PPL yang disusundapatberjalandenganbaik, meskipunbanyaksekali program insidental yang harusdikerjakan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Aug 2016 01:07
Last Modified: 01 Oct 2019 11:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39448

Actions (login required)

View Item View Item