Annisa Lestari, Annisa Lestari (2014) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI: SMP N 2 DEPOK 2 Juli – 16 September 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
COVER.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
LAPORAN COVER.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
ISI LAPORAN.pdf Download (203kB) | Preview |
Abstract
UniversitasNegeri Yogyakarta merupakansalahsatuPerguruanTinggi di Yogyakarta yang mengedepankanpencetakantenagapendidik.UniversitasNegeri Yogyakarta tetapmempertahankandanterusmengembangkansalahsatufungsinyayaituuntukmempersiapkansertamenghasilkan guru/tenagakependidikanlainnya yang memilikinilai, sikap, pengetahuan, danketerampilansehinggamenjaditenagakependidikan yang profesional.Untukmewujudkansemuaitumakamahasiswa program studikependidikanharusmenempuhmatakuliah PraktikPengalamanLapangan (PPL).Mata kuliahtersebutdilaksanakansecararutindanberkalasetiaptahunnya.Program PPL semester khusus (tahun 2014) mahasiswa program studikependidikandikonsentrasikanpadalokasisekolah yang tersebar di kabupatenSleman, Bantul, Kota Yogyakarta, KulonProgo, GunungKidul, Klaten, danPurworejo. Salah satulokasi KKN-PPL di kabupatenSlemanadalahSMP N 2 Depok yangterletak di JlDahlia, Perumnas, Gempol, Condongcatur, Depok, Sleman. PraktikPengalamanLapangan (PPL) memilikitujuanuntukmemberikanpengalamannyatasertamelatihmahasiswa agar mengetahuiselukbeluk proses belajarmengajar. Pelaksanaan PPL mahasiswa UNY tahun 2014 yang dilaksanakanselamakuranglebih 7 minggudilokasiSMP N 2 vii Depok, telahberhasilmelaksanakanbeberapa program kegiatanyang terdiridarikegiatanbelajarmengajar. Yang dimaksudkegiatanbelajarmengajardisiniadalahserangkaiankegiatanyngdilaksanakan minimal 8 kali tatapmuka.Kegiatanbelajarmengajardibagimenjadi 2 yaitukegiatanbelajarmengajarterbimbingdanmandiri.Praktikmengajarterbimbingadalahlatihanmengajar yang dilakukanolehmahasiswadalammenerapkankemampuanmengajarnyasecarautuhdikelasdengandibimbingoleh guru pembimbing, demikiansebaliknyauntukpraktikmengajarmandiri.Adapunkeberhasilandaripelaksanaan program-program yang tersebutdiatastidakterlepasdaribantuanberbagaipihak.Selainituadanyapersiapandanperencanaan yang matangdaripraktikan.Keterlibatan guru pembimbing, DosenPembimbingLapangan (DPL-PPL), danpesertadidikyaitusiswa-siswiSMP N 2 DepokakansangatberpengaruhterhadapkesuksesanPraktikPengalamanLapangan (PPL). Dari kegiatan PPL inidiharapkanbenar-benarbermanfaatbagiterciptanyacalon guru yang terampil, berpengalaman, danprofesionalsehinggamampumenciptakansumberdayamanusia yang berkualitasbagikemajuanbangsaini. Secaraumumpelaksanaan PPL di SMP N 2 Depokberjalandenganbaikdanlancarberkatkerjasama yang harmonisbeberapaunsursekolahsepertiKepalaSekolah, guru, karyawan, dansiswa.Beberapa saran yang dikemukakanmahasiswaantara lain : saatkegiatanobservasi KKN-PPL hendaklahterjalinkerjasamadanketerbukaanantaraelemensekolahdanmahasiswasehingga program kerja KKN-PPL yang disusundapatberjalandenganbaik, meskipunbanyaksekali program insidental yang harusdikerjakan.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 11 Aug 2016 01:07 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:56 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39448 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |