Pengaruh Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar, dan Minat Memilih Kompetensi Keahlian Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK 1 Pundong

Sukirno, Agus (2016) Pengaruh Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar, dan Minat Memilih Kompetensi Keahlian Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK 1 Pundong. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Agus Sukirno 10501242001.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Pengaruh Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar, dan Minat Memilih Kompetensi Keahlian Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK 1 Pundong Oleh: Agus Sukirno NIM. 10501242001 Email: kirno_agus@yahoo.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar siswa TITL kelas X SMK 1 Pundong, (2) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar siswa TITL kelas X SMK 1 Pundong, (3) Pengaruh Minat Siswa Memilih Program Keahlian terhadap Prestasi Belajar siswa TITL kelas X SMK 1 Pundong, (4) Pengaruh Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar, dan Minat Siswa Memilih Kompetensi Keahlian secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar siswa TITL kelas X SMK 1 Pundong. Jenis penelitian adalah expost facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini yaitu Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar, Minat Memilih Kompetensi Keahlian sebagai variable bebas, dan Prestasi Belajar Siswa TITL kelas X sebagai variabel terikatnya. Teknik pengambilan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa TITL kelas X di SMK 1 Pundong yang seluruhnya berjumlah 58 responden. Data dianalisis dengan teknik analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan taraf signifikansi 5% sebagai berikut. (1) Terdapat Pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas X TITL di SMK 1 Pundong yang ditunjukkan dengan nilai thitung6,128 > ttabel2,668. (2) Terdapat Pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas X TITL SMK 1 Pundong yang ditunjukkan dengan nilai thitung 9,016 > t tabel 2,668. (3) Terdapat Pengaruh positif dan signifikan Minat Memilih Kompetensi Keahlian terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas X TITL di SMK 1 Pundong yang ditunjukkan dengan nilai thitung8,276 > ttabel2,668. (4) Terdapat Pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar, dan Minat Memilih kompetensi Keahlian secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas X TITL di SMK 1 Pundong yang ditunjukkan dengan harga Fhitung14,20 > Ftabel 2,78 dan diperoleh Sumbangan Efektif sebesar 7,27%. Kata kunci: Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar, Minat Memilih Kompetensi Keahlian, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 11 Aug 2016 01:11
Last Modified: 30 Jan 2019 10:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39447

Actions (login required)

View Item View Item