LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) Lokasi SMA Negeri 2 Wonosari

Intan Normawati, Intan Normawati (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) Lokasi SMA Negeri 2 Wonosari. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover, dll.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I-III.pdf

Download (119kB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu cara yang digunakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam mentransfer, mentransformasikan, dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan dari dalam kampus kepada masyarakat. Adapun tujuan PPL di sekolah ini diantaranya adalah memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. SMA Negeri 2 Wonosari yang beralamat di Jl. Ki Ageng Giring Trimulyo II Kepek Wonosari merupakan salah satu sekolah yang dijadikan lokasi PPL tahun ini. Sekolah ini memiliki fasilitas yang cukup baik dalam mendukung kegiatan belajar mengajar. Program PPL dilaksanakan pada tanggal 2 Juli sampai dengan 17 September 2014. Selama kegiatan PPL, praktikan melakukan praktik mengajar mandiri dan terbimbing di dua kelas, yaitu kelas X Bahasa dan XI Bahasa. Dari keseluruhan praktik mengajar praktikan melakukan praktik mengajar sebanyak 12 kali secara Team Teaching. Selama PPL, praktikan juga menyusun program program agar pelaksanaan PPL berjalan dengan lancar.Program PPL dibagi menjadi dua, yaitu program PPL kelompok dan program PPL individu. Program kelompok yang dilaksanakan antara lain: pendampingan Penerimaan Peserta Didik Baru, pemindahan Berkas Peserta Didik Baru ke dalam Buku Induk, pendampingan kegiatan bulan Ramadhan, inventarisasi buku baru, pembuatan kotak saran untuk sekolah, pengadaan banner untuk kantin, perlombaan mading dan foto kelas. Untuk program PPL individu jurusan Pendidikan Bahasa Jerman meliputi Zusammen Lernen, Filmsehen, pengadaan buku berbahasa Jerman, pengadaan buku Hörverstehen dan pengadaan sticker Bahasa Jerman. Kegiatan PPL yang tersebut di atas telah dilaksanakan oleh mahasiswa dengan baik dan lancar meskipun dalam pelaksanaannya terdapat berbagai hambatan, akan tetapi semua dapat teratasi dengan baik dan lancar atas kerjasama antara mahasiswa dengan pihak sekolah. PPL secara tidak langsung telah meningktkan pengalaman berharga bagi praktikan untuk dapat menjadi guru yang professional, penuh rasa tanggung jawa dan menjadi sarana untuk membiasakan praktikan dengan berbagi permasalahan yang ada dalam kegiatan pembelajaran sehingga terlatih untuk kritis, berimprovisasi, melakukan peningkatan dalam kegiatan pembelajaran. Keberhasilan pelaksanaan PPL ini, hendaknya disikapi oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta dengan mempertahankan dan meningkatkan kerjasama dengan SMA Negeri 2 Wonosari, supaya PPL di masa mendatang akan lebih baik dan lebih menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah, siswa, dan mahasiswa praktikan itu sendiri.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: praktik, lapangan, sekolah
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Aug 2016 01:01
Last Modified: 01 Oct 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39445

Actions (login required)

View Item View Item