PERBEDAAN UKURAN-UKURAN ANTROPOMETRI PADA ATLET ANAK TUNAGRAHITA RINGAN CABANG OLAHRAGA SEPAKBOLA DENGAN TUNAGRAHITA NON ATLET DAN ATLET SEPAKBOLA NORMAL TAHUN 2015/2016

Gustinawati, Imas (2016) PERBEDAAN UKURAN-UKURAN ANTROPOMETRI PADA ATLET ANAK TUNAGRAHITA RINGAN CABANG OLAHRAGA SEPAKBOLA DENGAN TUNAGRAHITA NON ATLET DAN ATLET SEPAKBOLA NORMAL TAHUN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Imas Gustinawati_12603141024.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ukuran-ukuran antropometri pada atlet anak tunagrahita ringan cabang olahraga sepakbola di SLB Negeri Pembina Yogyakarta dan mengetahui perbedaan ukuran-ukuran antropometri pada atlet anak tunagrahita ringan cabang olahraga sepakbola di SLB Negeri Pembina Yogyakarta dengan atlet sepakbola pada umumnya dan anak tunagrahita non atlet. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan dirancang dengan desain observasional. Subjek penelitian adalah atlet anak tunagrahita ringan cabang olahraga sepakbola sebanyak 10 atlet, serta anak tunagrahita ringan non atlet sebanyak 10 anak di SLB N Pembina Yogyakarta dan atlet sepakbola normal sebanyak 20 atlet dari UKM Sepabola UNY dan Sekolah Sepakbola Matra Sleman sebagai pembanding dengan rentang umur 16-20 tahun. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik pengukuran. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan uji komparatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: telah didapatkan ukuran-ukuran antropometri atlet tunagrahita ringan. Didapatkan pula hasil perbedaan ukuran antropometri atlet tunagrahita ringan dengan atlet sepakbola normal, panjang tungkai atlet normal cabang olahraga sepakbola (lebih panjang) dari atlet tunagrahita ringan dan panjang lengan pada atlet tunagrahita ringan (lebih rendah) dari atlet normal cabang olahraga sepakbola karena mempunyai nilai signifikasi (p<0,05). Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada ukuran-ukuran antropometri pada atlet anak tunagrahita ringan cabang olahraga sepakbola di SLB Negeri Pembina Yogyakarta dengan anak tunagrahita non atlet karena didapatkan nilai signifikasi (p>0,05).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ukuran Antropometri, Atlet, Tunagrahita Ringan, Sepakbola
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 11 Aug 2016 02:00
Last Modified: 30 Jan 2019 10:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39435

Actions (login required)

View Item View Item