PERBEDAAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN METODE TAKE AND GIVE DAN METODE ARTIKULASI DI SMPN 2 PUNDONG BANTUL

Oktavia, Yeni (2016) PERBEDAAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN METODE TAKE AND GIVE DAN METODE ARTIKULASI DI SMPN 2 PUNDONG BANTUL. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12416241012.swf

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui perbedaan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS menggunakan metode take and give dan metode artikulasi di SMPN 2 Pundong Bantul, 2) mengetahui perbedaan pemahaman siswa dalam pembelajaran IPS menggunakan metode take and give dan metode artikulasi di SMPN 2 Pundong Bantul. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental research dengan desain pretest-posttest nonequivalent multiple group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dari populasi yaitu siswa kelas VIII SMPN 2 Pundong. Sampel yang terpilih adalah kelas VIII C dan VIII D. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Validitas instrumen dihitung dengan product moment dan uji reliabilitas dihitung dengan Alpha Cronbach. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Independent Sample T-test untuk perhitungan hasil observasi dan hasil tes. Hasil analisis uji-t dari hasil observasi dan tes menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS di kelas eksperimen 1 (take and give) lebih tinggi daripada kelas eksperimen 2 (artikulasi). Pemahaman siswa dalam pembelajaran IPS kelas eksperimen 1 (take and give) lebih baik daripada kelas eksperimen 2 (artikulasi). Berdasarkan hal tersebut, maka disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan keaktifan dan pemahaman siswa dalam pembelajaran IPS menggunakan metode take and give dan metode artikulasi di SMPN 2 Pundong Bantul. Kata kunci: Metode Take and Give, Metode Artikulasi, Keaktifan, Pemahaman Siswa, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 11 Aug 2016 00:43
Last Modified: 30 Jan 2019 10:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39430

Actions (login required)

View Item View Item