ALGORITMA GENETIKA DENGAN METODE ROULETTE WHEEL SELECTION DALAM OPTIMASI PENDISTRIBUSIAN BARANG DI P.T. FASTRA BUANA YOGYAKARTA

Minaryo, Rudi and Saptaningtyas, Fitriana Yuli (2014) ALGORITMA GENETIKA DENGAN METODE ROULETTE WHEEL SELECTION DALAM OPTIMASI PENDISTRIBUSIAN BARANG DI P.T. FASTRA BUANA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP (RUDI MINARYO) (09305141045).pdf
Restricted to Registered users only until 2020.

Download (4MB)

Abstract

Algoritma genetika merupakan suatu metode pencarian berdasarkan pada mekanisme seleksi alam dan genetik alam. Algoritma ini digunakan untuk mendapatkan solusi dalam masalah optimasi. Masalah optimasi yang akan dibahas adalah penentuan rute terpendek dalam pendistribusian barang. Tujuan penulisan skripsi ini adalah menjelaskan aplikasi algortima genetika dengan metode roulette wheel selection untuk mencari rute terpendek pendistribusian barang di P.T. Fastra Buana Yogyakarta. Langkah-langkah menentukan rute terpendek menggunakan algoritma genetika dengan metode roulette wheel selection adalah mendefinisikan rute ke dalam individu dalam sebuah populasi, menghitung nilai fitness individu, menentukan induk dari individu dengan seleksi roulette wheel selection, melakukan order-crossover pada induk yang terpilih, menghasilkan individu baru dengan swapping mutation, menyusun populasi baru sampai memperoleh individu dengan nilai fitness optimum. Dalam penulisan skripsi ini dibahas mengenai optimisasi pendistribusian barang di P.T. Fastra Buana Yogyakarta untuk pendistribusian barang di Kota Bantul dan Kota Yogyakarta. Berdasarkan perhitungan diperoleh solusi rute terpendek pendistribusian barang. Hasil yang diperoleh dari perhitungan menggunakan Algortima Genetika dengan Roulette Wheel Selection adalah rute terpendek pendistribusian barang di Kota Bantul mencakup 9 tempat sejauh 49,7 Km dan rute terpendek pendistribusian barang di Kota Yogyakarta mencakup 12 tempat sejauh 52,1 Km. Kata kunci: Algoritma Genetika, fitness, Roulette Whell Selection, pendistribusian barang.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 12 Aug 2016 02:08
Last Modified: 30 Jan 2019 10:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39429

Actions (login required)

View Item View Item