PENGARUH METODE BERMAIN TERHADAP KEMAMPUAN PASSING ATAS PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI PUTRI SMP N 2 KRETEK BANTUL

Adityo Nugroho (2016) PENGARUH METODE BERMAIN TERHADAP KEMAMPUAN PASSING ATAS PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI PUTRI SMP N 2 KRETEK BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ADIT.pdf

Download (264MB) | Preview

Abstract

Penurunan prestasi tim bolavoli salah satunya disebabkan menurunyakemampuan teknik bermain bolavoli khususnya pada kemampuan Passing atas. Kurangnya variasi metode latihan yang digunakan dalam peningkatan kemampuan Passing atas peserta ekstrakurikuler bolavoli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain terhadap kemampuan passing atas, pada siswa putri yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli di SMP N 2 Kretek Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu/tidak murni dengan desain penelitian one group pre test and post test design. Populasi penelitian ini berjumlah 15 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan tes keterampilan passing atas untuk usia 13-15 tahun (Depdiknas,1995). Perlakuan (treatment) adalah metode bermain selama 16 kali pertemuan. Berdasarkan hasil uji statistik variabel diperoleh nilai uji t antara pre testdan post test pengarug metode bermain terhadap peningkatan passing atas, yang memiliki t hitung sebesar 9,242, lebih besar dari t tabel 1,761(9,242 > 1,761), sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara data sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Peningkatan rerata terlihat nyata karena terjadi peningkatan sebesar 4,40 dari 42,20 menjadi 46,60. Jika digambarkan dalam presentase, peningkatan tersebut sebesar 10,43%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pelatihan metode bermain terhadap kemampuan passing atas bolavoli peserta ekstrakurikuler SMP N 2 Kretek Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: metode bermain,passing atas,bolavoli
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 11 Aug 2016 02:00
Last Modified: 30 Jan 2019 10:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39428

Actions (login required)

View Item View Item