HUBUNGAN KOORDINASI, KESEIMBANGAN, DAN POWER OTOT TUNGKAI DENGAN KEMAMPUAN SHOOTING FUTSAL MENGGUNAKAN PUNGGUNG KAKI PADA OLAHRAGA FUTSAL

Gigih Nenaz Nazzala (2016) HUBUNGAN KOORDINASI, KESEIMBANGAN, DAN POWER OTOT TUNGKAI DENGAN KEMAMPUAN SHOOTING FUTSAL MENGGUNAKAN PUNGGUNG KAKI PADA OLAHRAGA FUTSAL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan koordinasi, keseimbangan, dan power otot tungkai dengan kemampuan shooting dalam olahraga futsal. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Penelitian ini dilakukan dengan subjek yang berjumlah 30 atlet dari tim futsal putri UNY. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes koordinasi dengan menggunakan Soccer Wall Volley Test dari Ismaryanti (2006: 54), keseimbangan menggunakan Modifield Bass Test dari Ismaryanti (2006: 51), power otot tungkai menggunakan Standing Broad atau Long Jump dari Ismaryanti (2006: 61), dan keterampilan shooting menggunakan Area Sasaran Tes Keterampilan Shooting dari Arki Taupan Maulana (2009: 37). Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis uji korelasi sederhana menggunakan rumus korelasi product moment dan korelasi ganda menggunakan persamaan garis regresi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan: (1) hubungan antara koordinasi terhadap kemampuan shooting futsal menggunakan punggung kaki sebesar 0,801, (2) hubungan antara keseimbangan terhadap kemampuan shooting futsal menggunakan punggung kaki sebesar 0,771, (3) hubungan antara power otot tungkai terhadap kemampuan shooting futsal menggunakan punggung kaki sebesar 0,709, (4) hubungan antara koordinasi, keseimbangan, dan power otot tungkai terhadap kemampuan shooting futsal menggunakan punggung kaki sebesar 0,840. Maka dapat disimpulkan bahwa hubungan koordinasi, keseimbangan, dan power otot tungkai dengan kemampuan shooting futsal menggunakan punggung kaki pada olahraga futsal yaitu signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: koordinasi, keseimbangan, power, shooting, dan futsal
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 11 Aug 2016 02:00
Last Modified: 30 Jan 2019 10:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39427

Actions (login required)

View Item View Item