PENERAPAN BUDAYA 7K (KEAMANAN, KENYAMANAN, KEBERSIHAN, KETERTIBAN, KEINDAHAN, KEKELUARGAAN, KERINDANGAN) UNTUK SISWA KELAS ATAS DI SD NEGERI 1 BANDUNG KECAMATAN KEBUMEN

Inayatul Ngabqoriah (2016) PENERAPAN BUDAYA 7K (KEAMANAN, KENYAMANAN, KEBERSIHAN, KETERTIBAN, KEINDAHAN, KEKELUARGAAN, KERINDANGAN) UNTUK SISWA KELAS ATAS DI SD NEGERI 1 BANDUNG KECAMATAN KEBUMEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi inayatul ngabqoriah.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Sekolah menjadi tempat untuk mensosialisasikan nilai-nilai budaya. Budaya di sekolah banyak sekali yang diterapkan seperti penerapan budaya 7K. Siswa di SD Negeri 1 Bandung, Kecamatan Kebumen sudah menerapkan budaya 7K namun belum secara maksimal, kurangnya kesadaran siswa dalam menjaga keamanan, menjaga kenyamanan, kebersihan, keindahan, dan kerindangan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pelaksanaan penerapan budaya 7K yang dilakukan oleh siswa kelas atas di SD Negeri 1 Bandung, Kecamatan Kebumen. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode survei. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas atas di SD Negeri 1 Bandung, Kecamatan Kebumen. Siswa kelas IV berjumlah 34 siswa, siswa kelas V berjumlah 33 siswa, siswa kelas VI berjumlah 33 siswa, jumlah siswa keseluruhan yang diteliti sebanyak 100 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan angket. Validitas kontsruk instrumen penelitian dengan expert judgement dan uji validitas instrumen angket dilakukan dengan analisis butir. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan budaya 7k yang dilakukan oleh siswa kelas atas di SD Negeri 1 Bandung, Kecamatan Kebumen adalah sangat baik sebanyak 28,6 %, baik sebanyak 57,1 %, cukup sebanyak 14,3%, dan tidak baik sebanyak 0%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Sekolah, 7K, Penerapan Budaya 7K
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 11 Aug 2016 02:00
Last Modified: 30 Jan 2019 10:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39426

Actions (login required)

View Item View Item