LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2014/2015 Sanggrahan, Mororejo, Tempel, Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta

SUPARTIMAH, SUPARTIMAH (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2014/2015 Sanggrahan, Mororejo, Tempel, Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan Lengkap.pdf

Download (457kB) | Preview

Abstract

Praktik pengalaman lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa program pendidikan. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran, manajerial, dan teknik mengajar di sekolah atau lembaga lain dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Program PPL ini berusaha memberdayakan warga sekolah secara maksimal sesuai dengan kemampuan. PPL dilaksanakan mulai tanggal 1 Juli 2014 sampai 17 September 2014 yang bertempat di SMK Muhammadiyah 1 Tempel. Praktik pengalaman lapangan ini bertujuan untuk mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang mempunyai nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dibutuhkan. PPL dilaksanakan untuk mengasah empat kompetensi guru, yang meliputi kompetensi pedagogis, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara bertahap dari observasi hingga pelaksanaan praktik pengalaman lapangan, berupa praktik pengembangan pembelajaran dan sumber belajar. Hasil dari PPL ini, mahasiswa dapat menerapkan ilmu pengetahuan tentang teori dan praktik bidang Pendidikan Administrasi Perkantoran di SMK yang sebelumnya juga telah dipelajari di bangku perkuliahan. Pengetahuan mengenai inovasi cara mengajar juga diterapkan dalam kegiatan PPL, meliputi pembuatan dan penggunaan media yang tepat dan menarik, penggunaan metode yang kontekstual sesuai dengan keadaan siswa. Secara umum, program PPL yang telah direncanakan oleh mahasiswa dapat berjalan dengan baik, namun dalam pelaksanaannya terdapat beberapa hambatan yang dapat dipastikan akan selalu timbul. Beberapa hambatan yang ditemui antara lain adalah dalam pengelolaan kelas dan pengelolaan waktu. Tetapi praktikan selalu berusaha untuk menekan hambatan yang terjadi, sehingga program PPL dapat terlaksana dengan lancar. Dengan adanya kegiatan PPL, praktikan mendapat bekal, pengalaman dan gambaran yang nyata tentang kegiatan dalam dunia kependidikan. Adanya kerjasama, kerja keras, kedisiplinan, tenaga, dana, dan waktu sangatlah mendukung terlaksananya program PPL dengan baik dan lancar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Aug 2016 08:42
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39417

Actions (login required)

View Item View Item