Keefektifan Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia di SMA Muhammadiyah I Yogyakarta

Saputra, Mohamad Tomi (2011) Keefektifan Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia di SMA Muhammadiyah I Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-mohamad-tomi-saputra-09703251012.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1)bagaimana keefektifan pelaksanaan perencanaan dan pengembangan Sumber Daya Manusia di SMA Muhammadiyah I Yogyakarta,dan (2) untuk mengetahui faktor-faktor apakah yang mendukung dan menghambat pelaksanaan perencanaan dan pengembangan Sumber Daya Manusia di SMA Muhammadiyah I Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi dan menggunakan model evaluasi discrepancy. Perencanaan dan pengembangan dideskripsikan, untuk mengetahui kesenjangan digunakan model evaluasi discrepancy kesenjangan yang terjadi antara tujuan dengan kenyataan sehingga dapat diketahui keefektifannya. Subjek penelitian adalah warga SMA Muhamadiyah I Yogyakarta yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, kepala bidang SDM, guru dan karyawan. Data dikumpulkan menggunakan teknik pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dilapangan ditulis dalam bentuk uraian kemudian difokuskan, dirangkum dan direduksi pada hal-hal yang penting. Kemudian data disajikan berbentuk laporan yang sistematis dan mudah dipahami. Kesimpulan diambil dari data yang mengarah pada pemecahan masalah. Untuk mengetahui keefektifannya digunakan kriteria efektif, cukup efektif, dan tidak efektif. Hasil penelitian ditinjau dari segi indikator perencanaan (tujuan, tugas pokok, kegiatan dan pelaksanaan) menunjukkan bahwa perencanaan SDM di SMA Muhammadiyah I Yogyakarta sudah cukup efektif. Hal itu dapat dilihat dari sudah adanya prediksi kebutuhandantercukupinya kebutuhan sumber daya manusia, perencanaan yang nampak sistematis, fleksibel, dan jelas. Adanya kegiatan rekrutmen, seleksi, penempatan, pengangkatan, pengembangan, evaluasi, kompensasi, kedisiplinan dan pemberhentian yang jelas. Persiapan yang baik, prediksi yang baik dan kontrol yang sesuai dengan tujuan. Ditinjau dari segi indikator pengembangan SDM (tujuan, komponen pengembangan, dan kompetensi pendidik) menunjukkan bahwa pelaksanaan pengembangan SDM di SMA Muhammadiyah I Yogyakarta sudah efektif. Hal itu dapat dilihat dari kompetensi guru yang sudah cukup baik, proses belajar yang tidak monoton, guru sudah menguasai bahan dan media pembelajaran dengan baik, guru memiliki etos kerja yang baik, dapat menjadi teladan yang baik, guru dapat berkomunikasi dengan baik. Triner yang profesional, materi yang sesuai dengan tujuan, dan metode yang sesuai dengan tingkat kemampuan guru.Faktor pendukung adalah kelengkapan sarana dan prasarana sekolah yang memadai, perangkat lunak seperti bentuk peraturan dan tata tertib sekolah, penciptaan suasana pendidikan serta peluang untuk mengembangkan diri bagi pendidik. Faktor penghambatnya adalah waktu yang tersedia bagi pendidik untuk mengembangkan wawasan pendidik keilmuannya sangat terbatas.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, perencanaan, pengembangan
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2016 08:55
Last Modified: 29 Jan 2019 08:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39415

Actions (login required)

View Item View Item