LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL UNY 2014) LOKASI SMP N 2 PLAYEN

Ilya Rosida Perdana, Ilya Rosida Perdana (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL UNY 2014) LOKASI SMP N 2 PLAYEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I, II, III.pdf

Download (303kB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan merupakan implementasi salah satu butir Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat dalam hal ini masyarakat sekolah. Kegiatan PPL menuntut mahasiswa untuk bisa berkreasi dalam penerapan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh selama belajar di Universitas Negeri Yogyakarta dan kemudian dikembangkan dalam kegiatan kependidikan sebagai pendidik. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa UNY telah dilaksanakan dari tanggal 2 Juli sampai dengan 17 September 2014. Kegiatan PPL bertujuan melatih mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimilikinya dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya, sehingga mahasiswa dapat memiliki pengalaman yang dapat digunakan sebagai bekal untuk mengembangkan kompetensinya di masa yang akan datang dalam kaitannya sebagai pendidik. Pelaksanaan kegiatan PPL secara umum meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan, penyusunan laporan dan evaluasi. Tahap persiapan meliputi pembekalan PPL dan pembelajaran mikro yang dilaksanakan di kampus UNY sebelum penerjunan ke lapangan. Tahapan pelaksanaan PPL meliputi tahap observasi potensi pengembangan sekolah yang meliputi observasi kegiatan pembelajaran dan observasi fisik sekolah, identifikasi dan inventarisasi permasalahan, penyusunan rancangan program, dan pelaksanaan program. Pelaksanaan PPL di SMP Negeri 2 Playen meliputi program pembuatan administrasi guru, pembuatan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran, pembuatan kisi-kisi soal evaluasi, analisis penilaian, pengelolan laboratorium IPA, dan konsultasi baik guru pembimbing maupun DPL PPL. Setelah pelaksanaan peserta PPL wajib menyusun laporan yang kemudian akan dievaluasi oleh sekolah dan DPL PPL. Program berjalan baik melalui bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan dan Guru Pengampu. Selain itu, mahasiswa juga memperoleh pengalaman dan pemahaman mengenai proses pendidikan dan pembelajaran di SMP N 2 Playen, memperoleh pengalaman tentang cara berfikir, bekerja di lingkungan sekolah, dan ketrampilan untuk melaksanakan pembelajaran di sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Program, Pengalaman, Sekolah
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Aug 2016 08:06
Last Modified: 01 Oct 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39406

Actions (login required)

View Item View Item