PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN SHOOTING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEDIUM SHOOT PESERTA PUTRA EKSTRAKURIKULER BOLABASKET DI SMA NEGERI 2 KLATEN

Mahardi, Putut Yhudha (2016) PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN SHOOTING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEDIUM SHOOT PESERTA PUTRA EKSTRAKURIKULER BOLABASKET DI SMA NEGERI 2 KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (37MB) | Preview

Abstract

Kebutuhan akan model latihan shooting yang menyenangkan pada ekstrakurikuler bolabasket di SMA N 2 Klaten sangat tinggi, terutama bagi pelatih. Hal ini dikarenakan model latihan shooting yang lama cenderung membosankan sehingga kurang menarik bagi atlet untuk menjalankannya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model latihan shooting dalam suatu permainan yang menyenangkan untuk meningkatkan keterampilan medium shoot. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD). Langkah-langkah yang ditempuh dalam RnD meliputi: (1) Potensi dan Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Revisi Desain, (6) Ujicoba Produk, (7) Revisi Produk, (8) Produksi/Implementasi Produk. Uji coba penelitian dilakukan terhadap 30 peserta ekstrakurikuler. Uji coba skala kecil dilakukan kepada 6 peserta ekstrakurikuler bolabasket SMK Leonardo Klaten. Uji coba skala besar dilakukan kepada 24 peserta ekstrakurikuler bolabasket SMA N 2 Klaten. Instrumen penelitian dengan kuesioner angket meliputi faktor desain dan faktor materi yang masing-masing terdiri dari enam indikator. Teknik analisis data terdiri dari teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitiatif. Hasil akhir dari penelitian dan pengembangan ini berupa model latihan shooting untuk meningkatkan keterampilan medium shoot. Pada tahap akhir penelitian dapat disimpulkan bahwa model latihan shooting untuk meningkatkan keterampilan medium shoot memiliki kualitas sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, model latihan shooting, medium shoot, ekstrakurikuler bolabasket
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 11 Aug 2016 01:55
Last Modified: 30 Jan 2019 10:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39382

Actions (login required)

View Item View Item