LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 12 MAGELANG PERIODE 2 JULI s.d. 17 SEPTEMBER 2014

MUHAMAD ARIF AFANDI, MUHAMAD ARIF AFANDI (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 12 MAGELANG PERIODE 2 JULI s.d. 17 SEPTEMBER 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
(1) HALAMAN JUDUL oke.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(2) HALAMAN PENGESAHAN oke.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(3) KATA PENGANTAR oke.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(4) DAFTAR ISI.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(5) ABSTRAK oke.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(6) BAB I, II, III oke.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(7) DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(8) LAMPIRAN MINGGUAN oke.pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta merupakan sebuah lembaga pendidikan yang bertujuan untuk menghasilkan tenaga kerja terdidik, terlatih, dan professional. Demi mencapai tujuan tersebut maka pihak Universitas Negeri Yogyakarta menetapkan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bagi mahasiswa dengan harapan mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan dan pengalaman langsung di lapangan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan langkah strategis untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kependidikan. PPL mahasiswa dapat mendarmabaktikan ilmu akademisnya di lapangan. Sebaliknya mahasiswa juga dapat belajar dari lapangan. Dengan demikian mahasiswa dapat memberi dan menerima (give and take) berbagai keilmuan yang dapat menghantarkan mahasiswa menjadi calon tenaga pendidik professional. Praktik Pengalaman Lapangan bertujuan untuk memberikan pengalaman dalam proses pembelajaran yang utuh dan terpadu, melatih dan mengembangkan berbagai kompetensi yang dipersyaratkan bagi seorang guru/tenaga kependidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa sebagai wahana pembentukan tenaga kependidikan profesional yang siap memasuki dunia pendidikan, mempersiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan profesional, mengintegrasikan dan mengimplementasikan ilmu yang telah dikuasai ke dalam praktik keguruan dan kependidikan. Praktik Pengalaman Lapangan yang dilakukan oleh mahasiswa merupakan suatu kegiatan intrakulikuler yang mencakup tugas-tugas keguruan. Peningkatan kualitas PPL terus dilakukan secara progresif sesuai dengan visi dan misi PP PPL & PKL. Peningkatan secara linier dilaksanakan semenjak pembekalan, pengajaran mikro, supervisi klinis, monitoring, refleksi, dan evaluasi serta dilakukan penelitian dan pengembangan. SMP N 12 Magelang merupakan salah satu lembaga pendidikan yang dapat digunakan sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan PPL. Kegiatan PPL pada periode 2 Juli – 17 September 2014 dipisah dengan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan di masyarakat, hal ini bertujuan agar proses pelaksanaan kegiatan PPL di sekolah dapat berjalan dengan baik dan lancar. Penyusun mendapatkan kesempatan mengajar di kelas VIII A, VIII B, VIII C, dan VIII D dalam kegiatan KKN-PPL periode 2 Juli – 17 September 2014. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Aug 2016 01:33
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39368

Actions (login required)

View Item View Item