LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN Lokasi SMP Negeri 12 Magelang Jalan Soekarno-Hatta, Tidar Sawe, Kota Magelang

Millatina Randu Gupita, Millatina Randu Gupita (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN Lokasi SMP Negeri 12 Magelang Jalan Soekarno-Hatta, Tidar Sawe, Kota Magelang. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
laporan PPL Mia.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah dari Universitas Negeri Yogyakarta. Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan berupa keterampilan dalam bidang pembelajaran dan memberi kesempatan pada mahasiswa untuk mempelajari dan mencoba mengatasi permasalahan yang dihadapi lembaga pendidikan serta menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki selama perkuliahan ke dalam kehidupan nyata. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah melatih mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimilikinya dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya sehingga mahasiswa dapat memiliki pengalaman yang dapat digunakan sebagai bekal untuk mengembangkan kompetensinya di masa yang akan datang dalam kaitannya sebagai tenaga pendidik. Pelaksanaan PPL dilaksanakan pada semester khusus yang dimulai tanggal 2 Juli 2014 sampai 17 September 2014. Pelaksanaan kegiatan di SMP Negeri 12 Magelang yang beralamat di Jalan Soekarno-Hatta, Kota Magelang ini telah terkoordinir dengan baik antara mahasiswa, guru, sekolah serta dosen pembimbing lapangan sehingga pelaksanaan praktik mengajar dapat berlangsung dengan baik dan lancar. Dalam melaksanakan PPL, praktikan telah melakukan praktik mengajar sebanyak 11 kali dengan ulangan harian sebanyak 1 kali, yaitu ulangan pemahaman teks hasil observasi. Sebelum praktik mengajar, praktikan harus membuat perangkat pembelajaran yaitu menyiapkan materi, membuat media pembelajaran, dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) serta mempelajari materi yang akan diajarkan kepada siswa. Hambatan yang dirasakan paling sulit diatasi adalah menghadapi siswa yang ramai dan tidak memperhatikan saat proses pembelajaran berlangsung. Untuk itu, praktikan selalu berusaha mengingatkan siswa yang ramai dan berusaha menarik perhatian siswa dengan metode mengajar, misalnya dengan pemberian motivasi dan media pembelajaran yang menarik bagi siswa. Evaluasi pembelajaran yang digunakan adalah dengan mengadakan ujian tulis. Kegiatan PPL ini memberikan pemahaman kepada praktikan bahwa menjadi seorang guru atau tenaga pendidik itu tidaklah mudah karena banyak hal-hal yang viii harus dipelajari untuk menjadi guru yang profesional. Praktikan kini lebih menyadari pentingnya profesi seorang guru dan betapa besarnya jasa guru-guru dalam membimbing siswanya. Selain itu adanya praktik pengalaman lapangan (PPL) memberikan banyak manfaat kepada praktikan, yaitu menambah wawasan praktikan mengenai kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Aug 2016 01:30
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39364

Actions (login required)

View Item View Item