LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN 2014 DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL PLUS AL FIRDAUS Mancasan, Pandowoharjo, Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta

Novy Tri Anggraeni, Novy Tri Anggraeni (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN 2014 DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL PLUS AL FIRDAUS Mancasan, Pandowoharjo, Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL Novy Tri A 11111244021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan bagi mahasiswa yang menempuh program studi kependidikan. Kegiatan tersebut dimaksudkan agar mahasiswa sebagai calon guru mampu mengembangkan kemampuannya dalam pembelajaran mulai dari menyusun rencana pembelajaran, membuat media pembelajaran, mengembangkan alat evaluasi, dan melaksanakan proses pembelajaran itu sendiri serta mengembangkan seluruh kompetensi yang harus dimiliki seorang guru. Melalui kegiatan ini pula, mahasiswa mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh dalam perkuliahan serta belajar memilah-milah teori yang sesuai dengan kondisi lapangan. Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan kurang lebih selama 2,5 bulan. Sebelum kegiatan PPL ini dilaksanakan mahasiswa harus menempuh praktek pembelajaran mikro terlebih dahulu agar dapat mengasah kemampuan dan kreativitas dalam mengajar. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di laksanakan mulai tanggal 2 Juli - 19 Sepetember 2014. Sekolah yang digunakan adalah Sekolah yang sudah bekerja sam dengan Universitas Negeri Yogyakarta. Sekolah ini bernama TK ABA Pluss Al-Firdaus yang beralamat di Padukuhan Mancasan, Desa Pandawaharjo, Kec. Sleman, Kab. Sleman. Yogyakarta. Di TK ABA Al-Firdaus ini terdiri dari tujuh guru, setiap kelas ada guru pendamping dan guru inti kecuali, untuk kelas B2. Di TK ini terdapat empat kelas. Kelompok A ada dua sedangkan Kelompok B juga ada dua. Gaya pembelajaran di TK ini lebih mengacuh pada akademis. Itu terbukti dari banyaknya kegiatan yang menggunakan Lembar Kerja Anak (LKA). Jarang sekali bahkan tidak pernah seorang guru membawa media yang berdimensi tiga. Apalagi untuk benda kongkret itu juga sangat jarang. Pembelajaran cenderung abstrak. Kegiatan PPL ini dilakukan satu Minggu untuk menjadi guru pendamping. Sepuluh kali mengajar, dua kali untuk ujian. Jadi total mengajar ada dua belas kali. Sebelum dilaksanakan kegiatan pembelajaran sebelumnya mahasiswa harus berkonsultasi dengan guru kelas serta kepala sekolah, membuat Rencana Kegiatan Harian, membuat Alat penilaian, serta membuat media pembelajaran dan alat peraga. Media pembelajran maupun alat peraga harus dibuat semenarik mungkin. Ukuran yang digunakan anak dan peserta didik harus berbeda dan harus sesuai dengan tingkat perkembangan anak. dalam pembelajaran guru inti dibantu oleh guru pendamping serta guru kelas. Setelah pembelajran selesai guru kelas dan kepala sekolah mengevaluasi pembelajran yang sudah berlangsung. Evaluasi yang diberikan oleh tiap guru pun dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa baik dalam persiapan, megajar, maupun penilaian terhdap peserta didik. Seluruh rangkaian kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik karena dukungan dan bimbingan serta kerjasama yang baik antara mahasiswa dan sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, TK ABA Al-Firdaus.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Aug 2016 01:20
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39361

Actions (login required)

View Item View Item