LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN TAMAN KANAK–KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL PLUS AL FIRDAUS Mancasan, Pandowoharjo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

PPL, UNY 2014, TK ABA Plus Al Firdaus, PPL, UNY 2014, TK ABA Plus Al Firdaus (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN TAMAN KANAK–KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL PLUS AL FIRDAUS Mancasan, Pandowoharjo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL NADHIROH AMINUL MALIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu program yang harus dilaksanakan mahasiswa yang dilandasi oleh Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan ini dilakukan di lingkungan sekolah dan diwujudkan dalam bentuk program praktek di sekolah Taman Kanak-Kanak agar mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang telah di dapat dalam perkuliahan. Di Universitas Negeri Yogyakarta khusus yang mengambil jurusan atau program studi pendidikan, pelaksanaan PPL digabungkan dengan KKN merupakan suatu program yang memungkinkan mahasiswa calon pendidik untuk melaksanakan program pembelajaran dalam situasi dan kondisi yang sebenarnya. Melalui program tersebut diharapkan mahasiswa dapat melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, mengaplikasikan ilmu dan memperoleh pengalaman bekerja serta bersosialisasi di dalam masyarakat. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu program dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan praktek lapangan. Tujuan dari PPL PG PAUD FIP UNY tahun 2014 yang dilaksanakan di TK ABA Plus Al Firdaus beralalamat di Mancasan, Pandowoharjo, Sleman, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta adalah berlatih mengajar di Taman Kanak-kanak, mengajak guru-guru TK satu gugus Pandowoharjo Sleman untuk workshop Rencana Kegiatan Harian (RKH) dan media pembelajaran, terlaksananya kegiatan program sikat gigi, dokter kecil, menghias ruang kelas, penataan ruang UKS yang lebih rapi dan pengadaan P3K, tertatanya administrasi kelas dan sekolah,pengadaan Alat Permainan Edukatif (APE) untuk melengkapi mainan dan media untuk membantu proses pembelajaran. Secara umum program PPL terlaksana memenuhi target yang diinginkan, dibuktikan dengan terlaksananya seluruh program yang direncanakan. Terlaksananya seluruh program berkat kerjasama antara mahasiswa dengan warga sekolah TK ABA Plus Al Firdaus, Dosen Pembimbing Lapangan, serta pihak- pihak terkait yang membantu pelaksanaan program PPL. Hasil dari program yang dilaksanakan yakni dari semua kegiatan mendapatkan sambutan yang positif dari warga sekolah TK ABA Plus Al Firdaus.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, UNY 2014, TK ABA Plus Al Firdaus
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Aug 2016 01:17
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39359

Actions (login required)

View Item View Item