LAPORAN PPL INDIVIDU 2014 DI SD NEGERI MADUSARI 3

Bima Andiansyah, Bima Andiansyah (2014) LAPORAN PPL INDIVIDU 2014 DI SD NEGERI MADUSARI 3. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I - III Laporan PPL bima.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

Program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu kegiatan latihan kependidikan yang bersifat intrakurikuler yang dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Tujuan dari kegiatan praktek pengalaman lapangan agar mahasiswa memperoleh pengalaman secara langsung dan dapat berinteraksi dengan baik di lingkungan sekolah dasar. Kegiatan ini mencakup kegiatan praktek mengajar dan kegiatan persekolahan yang lain dalam rangka memenuhi persyaratan pembentukan tenaga kependidikan yang profesional. Kegiatan yang pelaksanaanya dilakukan di SD Negeri Madusari 3 mulai tanggal 2 Juli 2014 hingga 17 September 2014, dilaksanakan secara bertahap, yaitu mulai dari persiapan yang berupa observasi pembelajaran dan pembuatan persiapan mengajar. Hasil kegiatan PPL mengungkapkan bahwa mahasiswa dapat menerapkan ilmu pengetahuan dan praktek keguruan kedalam proses pembelajaran secara terpadu dan dapat digunakan sebagai bekal menjadi calon guru yang profesional. Laporan PPL ini berisi antara lain : analisis situasi sekolah, perumusan program dan rancangan PPL, membuat rancangan pembelajaran atau RPP, pelaksanaan praktek mengajar, analisis hasil dan refleksi pembelajaran setelah selesai praktik mengajar terbimbing dan mandiri, hambatan dan kendala yang ditemui dalam pelaksanaan PPL disertai pemecahannya. Program kegiatan yang kami rencanakan terlaksana dengan baik dan hampir 100 persen sempurna. Semua program itu terlaksana atas dukungan dari semua pihak khususnya pihak warga sekolah yang selalu membantu kami sehingga program dapat terlaksana dengan baik. Dengan semua program kegiatan yang kami laksanakan, kami berharap dapat menjadikan kegiatan tersebut sebagai wadah untuk memaksimalkan semua potensi. Selain itu juga membantu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas SDM melalui pendidikan yang professional. Setelah melaksanakan kegiatan PPL kami mendapat pelajaran banyak hal mengenai anak-anak, misalnya kami dapat mengenal sifat-sifat dan karakter anak-anak SD dan yang lebih penting kami dapat pengalaman yang kelak dapat berguna di kemudian hari sehingga kami dapat lebih tahu akan hal-hal yang ada dalam diri anak-anak SD khususnya pada saat pembelajaran Penjas. Untuk menuju guru yang mengedepankan profesionalisme.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Aug 2016 01:15
Last Modified: 01 Oct 2019 11:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39356

Actions (login required)

View Item View Item